Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Alat Peraga Konstanta Pegas Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azizah, L. M., Poernomo, J. B., & Faqih, M. I. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Kekas XI MA/SMA Berbasis Guided Inquiry pada Materi Alat-Alat Optik. Physics Education Research Journal, 1(1): 11–20. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.4006
Baharuddin, 2017. Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Tugas Proyek Materi Sistem Ekskresi Untuk menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 1(1): 81–89.
Bilgin, I. 2009. The Effect Of Guided Inquiry Instruction Incorporating A Cooperative Learning Approach On University Students Achievement of Acid and Base Concepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instuction. Scientific Research And Essay, 4(3): 1038–1046.
Brotosiswoyo, B. 2001. Hakikat Pembelajaran MIPA di Perguruan Tinggi. Jakarta: PAU-PPAI-UT.
Eggen, P. & Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Edisi Keenam. Jakarta: PT. Indeks.
Ermawati, E., Sugiarto, R. & Vebrianto, R. 2018. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbombing untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal of Natural Science Integration, 1 (2): 213-220
Gunawan, Setiawan, A., & Widyantoro, D.H. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, XX(1): 25–32.
Khalid, A. 2012. Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach in Teacher Education. International Journal of Humanities and Social Science, 2(5): 170–177.
Khoiri, N., Rusilowati, A., W.& S., 2018. Mengajarkan Pemahaman Konsep Gerak Parabola Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2): 119–124.
Manzoor, A. K. 2009. Teaching of heat and temperature by hypothecal inquiry approach: A sample on inquiry teaching. Journal Of Pysics Teacher Education Online, 5(2): 43–46.
Olibie, E. I. & Ezeoba, K. O. 2014. Ability and Location Differences in the Effect of Guided Inquiry on Nigerian Student’s Achievement in Social Studies Curriculum. Jurnal of Education and Human Development, 3(4): 335–344.
Rais, A. A., Hakimm, L. & Sulistiawati. 2020. Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1): 1–8.
Samudra, G.B. 2014. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1): 1–7.
Selvianti, Ramdani, & Jusniar. 2013. Evektivitas Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 8 Makasar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica, XIV(1): 55–65.
Smyrnaiou, Z., Moustaki. F. & Chronis, K. 2012. Student’s Constructionist Game Modelling Activities as Part of Inquiry Learning Process. Journal of e-Learning, 10(2): 235–248.
Sunyono. 2010. Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Materi Kesetimbangan Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, II: 464–469.
Susilawati, Ristanto, S. & Khoiri, N. 2015. Real Laboratory Learning and Self Assignment of Physics on Vocational as 21st Centuury Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1): 73–83.
Yuniarita, F. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1): 111-116
Zion, M. & Mendelovici, R.M. 2012. Moving from Structured to Open Inquiry: Challenges and Limits. Science Education International, 23(4): 383–399.