Pengembangan Modul Fisika Berbantuan Teknologi Augmented Reality pada Materi Gelombang Bunyi untuk SMA/MA Kelas XI
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ambarwulan, D., & Muliyati, D. 2016. The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1): 73–80. p-issn: 2461-0933 %7C e-ISSN: 2461-1433
Ardhianto, E., Hadikurniawati, W., & Winarno, E. 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik-Jurnal Teknologi …, 17(2): 107–117. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1658
Azis, R. 2018. Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1): 44. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932
Azizah, L. M., Poernomo, J. B., & Faqih, M. I. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Kekas XI MA/SMA Berbasis Guided Inquiry pada Materi Alat-Alat Optik. Physics Education Research Journal, 1(1): 11. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.4006
Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. 2018. Pengembangan Buku Pembelajaran yang Dilengkapi Augmented Reality pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi dan Optik. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2): 46–56. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4032
Bakri, F., Muliyati, D., & Nurazizah, I. 2018. Website E-Learning Berbasis Modul: Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1): 90–95.
Bakri, F., Oktaviani Marsal, & Muliyati, D. 2019. Textbooks Equipped with Augmented Reality Technology for Physics Topic in High-School. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2): 113–122. https://doi.org/10.21009/1.05206
Bermawi, Y., & Fauziah, T. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(4): 63–71.
Hafi, N. N., & Supardiyono. 2018. Pengembangan Buku Saku Fisika Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Pemanasan Global. Inovasi Pendidikan Fisika, 07(02), 306–310.
Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. 2017. Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2): 221. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862
Kustijono, R., & Hakim, S. R. 2014. Pengaruh Intensitas Cahaya Dan Jarak Pada Sistem Augmented Reality Objek Animasi. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(2): 8. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n2.p8-14
Lee, K. 2012. Augmented Reality in Education and Training. Techtrends Tech Trends, 56: 13–21. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11528-012-0559-3
Mahpudin, A., & Puadi, E. F. W. 2018. Rancang Bangun Augmented Reality (AR) Berbasis Android untuk Pengembangan Media Pembelajaran Fisika. Seminar NAsional Edusaintek FMIPA Unimus, 550–560. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4255
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1): 36–48. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/13267/9625
Pertiwi, E. G. 2015. Evaluasi Hasil Pemberian Umpan Balik Positif pada Pendidikan Karakter di MIN 1 Mojokerto. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Prabowo, C., Ibrohim, I., & Saptasari, M. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6): 1090–1097. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6422
Rahayu, W. E., Semarang, U. N., & Artikel, I. 2015. Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Rifqa Gusmida, M. Rahmad, N. I. 2016. Development of Physics Learning Media Using Augmented Reality in Gas Kinetic Theory for Senior High School Grade XI. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3: 1–12.
Rulviana, V. 2018. Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361
Sujanem, R. 2012. Abstrak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(2): 103–117.
Sukardiyono, & Wardani, Y. R. 2013. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kerja Laboratorium dengan Pendekatan Science Process Skills untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2): 185–195. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2487
Supardi, Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1): 71–81. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/86/84
Wijaya, A. C. 1992. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Yuniarti, W. D. 2019. Dasar-Dasar Pemrograman Dengan Python. Deepublish.
Yusro, A. C., & Sasono, M. 2016. Penggunaan Modul Ilustratif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa Kelas VII SMPN 14 Madiun. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1): 29. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.22