Implementasi Pembelajaran Sinkronus pada Mata Kuliah Fisika 1 Menggunakan Discord Dipadukan dengan Google Jamboard dan Powerpoint
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Basilaia, G., Chokhonelidze, G., Dgebuadze, M., & Kantaria, M. 2020. Replacing the Classic Learning Form at Universities as an Immediate Response to the COVID-19 Virus Infection in Georgia. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 8(3), 101–108. https://doi.org/10.22214/ijraset.2020.3021
Budiyanto, A., & Pujiyono, W. 2014. Sistem Broadcast Proses Belajar Mengajar dengan Synchronous dan Asynchronous. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2(1), 78–90. https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2605
Dewantara, J. A., Efriani, E., & Afandi. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Discord sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 61–65.
Firman, F., & Rahman, S. R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Fuadi, T. M., Musriandi, R., & Suryani, L. 2020. Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 193–200.
Ikhwanuddin, R. 2020. Kuliah Daring Tersinkron Hemat Data. Diambil 31 Maret 2020, dari Facebook.com website: https://web.facebook.com/groups/dosen.muda.indonesia/permalink/2418251914943413/?_rdc=1&_rdr
Kruglyk, V., Bukreiev, D., Chornyi, P., Kupchak, E., & Sender, A. 2020. Discord Platform as An Online Learning Environment for Emergencies. Ukrainian Journal of Educational Studies and Information Technology, 8(2), 13–28.
Lacher, L. L., & Biehl, C. 2019. Investigating Team Effectiveness Using Discord : A Case Study Using a Gaming Collaboration Tool for the CS Classroom. International Conference Frontiers in Education 2019: CS and CE, 15(1), 199–204.
Monica, J., & Fitriawati, D. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Putra, N. P., & Nisaurrasyidah, I. 2020. Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom dan Whatsapp Group di Era New Normal pada Warga Belajar Paket C di PKBM Bina Mandiri Kota Cimahi. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, (September), 19–24.
Rosyid, N. M., Thohari, I., & Lismanda, Y. F. 2020. Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam Kuliah Statistik Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–5.
Seto, A. 2020. Live Presentation & Audio Communication for Online Teaching. Diambil 26 Maret 2020, dari Facebook.com website: https://web.facebook.com/groups/dosen.muda.indonesia/permalink/2409824689119469/?_rdc=1&_rdr
Simarmata, J. 2018. Teknologi Sinkronus dan Asinkronus untuk Pembelajaran. In Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan (hal. 1–56). Diambil dari http://jayapanguspress.org