Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Menganalisis Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Materi Cahaya
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, R. 2017. Pembelajaran Sainstifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Bayrak, R., & Gürses, A. 2020. Teaching of the Subject of Solids Through Problem-Based Learning Approach. World Journal of Education, 10(3), 47. https://doi.org/10.5430/wje.v10n3p47
Dolmans, D. H. J. M., De Grave, W., Wolfhagen, I. H. A. P., & Van Der Vleuten, C. P. M. 2005. Problem-based learning: Future challenges for educational practice and research. Medical Education, 39(7), 732–741. https://doi.org/10.1111/j.1365-2929.2005.02205.x
Effendi, E., Sugiarti, M., & Gunarto, W. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning dan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.643
Fakhriyah, F. 2014. Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Fariyani, Q., Mubarok, F. K., Masfu’ah, S., & Syukur, F. 2020. Pedagogical Content Knowledge of Pre-service Physics Teachers. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 99–107. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i1.3409
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 129. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303
Hung, W. 2011. Theory to reality: A few issues in implementing problem-based learning. Educational Technology Research and Development, 59(4), 529–552. https://doi.org/10.1007/s11423-011-9198-1
Lukum, A. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. 2019. Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Permendikbud. 2016. Standar Kompetensi Luliusan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (Issue May).
Prima, E. C., & Kaniawati, I. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa Sma. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 179. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi, 06(April), 47–55. https://doi.org/10.24042/jipf
Supiandi, M. I., & Julung, H. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183
Trilling, B., & Fadel, C. 2010. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Choice Reviews Online, 47(10), 47-5788-47–5788. https://doi.org/10.5860/choice.47-5788
Zubaidah, S. 2016. Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Di Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).