Analisis Respon Siswa Terhadap Konten Edukasi Matematika di Saluran YouTube Jerome Polin

Maulida Afifah Afra Umatullah*  -  Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
Putri Nur Malasari  -  Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini ditulis dengan maksud membangun kesadaran siswa terhadap metode belajar matematika menggunakan konten digital. Artikel ini disusun berdasarkan penilaian penulis tentang seiring dengan gerakan perkembangan teknologi yang canggih. Salah satu hasil kemajuan teknologi dan pengetahuan di era saat ini adalah YouTube. Penelitian tersebut menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk memahami perilaku manusia dalam menginterpretasikan sudut pandangnya tehadap dunianya. Objek dalam penelitian ini adalah konten edukasi matematika di saluran YouTube Jerome Polin, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI pada salah satu madrasah di Kudus dengan menggunakan sumber data wawancara. Artikel ini membahas mengenai pembelajaran matematika menggunakan konten digital dengan menonton video matematika di saluran YouTube Jerome Polin, salah satunya adalah video Battle Matematika yang dapat mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa sehingga menimbulkan adanya respon positif. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap konten edukasi matematika di YouTube Jerome Polin didapatkan hasil yakni adanya video matematika Jerome Polin ini memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hal ini menunjukkan adanya respon positif dan menjadikannya sebagai inspirasi dan motivasi belajar. Keberhasilan pembelajaran matematika dengan konten ditunjukkan apabila respon siswa positif tentang pembelajaran matematika menggunakan konten media digital tersebut. Konten digital dinilai cocok untuk mengembangkan pembelajaran matematika siswa kelas XI. Oleh karena itu, belajar matematika menggunakan konten penting bagi siswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

  1. Aisyah, Panjaitan, R. G. P., & Marlina, R. (2015). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 1–12.
  2. Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jpmr, 07(01), 13–21. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
  3. Arifin, H. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Widya Balina, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.47
  4. Darmadi. (2017). Pengembangan Model & Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.
  5. Ernawati, N. P. E. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja. Stilistika, 9(1), 92–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.4295628
  6. Hasanah, U., & Pujiastuti, H. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Menengah Atas Mengenai Konten Edukasi Pembelajaran Matematika pada Aplikasi TikTok. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 30–39.
  7. Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
  8. Humaidi, Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153–162. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
  9. Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(2), 135–148. https://doi.org/10.35450/jip.v7i2.140
  10. Lasabuda, N. E. (2017). Pengembangan Media Youtube Dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 270–275.
  11. Lingga, N. E., & Putri, B. P. S. (2022). The Influence of Jerome Polin as a Brand Ambassador on Zenius Education Brand Image. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.35326/medialog.v5i1.1260
  12. Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
  13. Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
  14. Naja, S. (2017). Kritik Sosial dalam Stand Up Show Special Mesakke Bangsaku (Analisis Isi materi Komika Pandji Pragiwaksono dalam Stand Up Show Special Mesakke Bangsaku Final di Jakarta). Universitas Muhammadiyah Malang.
  15. Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Alnashava, J. P. (2018). The Potential of Youtube As Educational Media for Young People. Edulib, 8(1), 81–98. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/11267/PDF
  16. Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Steam Engineering, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1661
  17. Sari, R. H. Y. (2022). Respon Mahasiswa terhadap Metode Meresume di Youtube sebagai Metode Pembelajaran Daring Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 601–614. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1274
  18. Setyawan, D., Lukito, R., & Sirojudin, M. W. (2022). Pengaruh Tayangan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 59–68.
  19. Soliha, S. F. (2015). Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial [Level of Dependence on Users of Social Media and Social Anxiety]. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–10. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9730/7798
  20. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). ALFABETA.
  21. Sutopo, H. B. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. UNS Press.
  22. Walgito. (2000). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.

Open Access Copyright (c) 2023 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps