Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar

Ilham K  -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
Jahring Jahring*    -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
Made Subawo  -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia

(*) Corresponding Author

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu indikator untuk mengetahui hail belajar matematika siswa. Jika kemampuan komunikasi matematis baik, maka besar kemungkinan hasil belajar matematika pun baik. Namun berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Mawasangka tengah, bahwa kemampuan komunikasi siswanya belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah gaya belajar siswa. Beberapa penelitian tentang kemampuan komunikasi matematis siswa belum ada yang meninjau dari sudut pandang gaya belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar (visual, auditroy, read/write, kinestetic). Indikator gaya belajar dalam penelitian ini adalah indikator yang dikembangkan oleh Fleaming yang meliputi gaya belajar unimodal (V,A,R,K), bimodal (VK, RK, VA, VR), trimodal (ARK, VRK, VAK, VAK), dan quadmodal (VARK). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 52 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan soal tes kemampuan komunikasi matematis dan kuisioner gaya belajar, selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar, termasuk dalam kategori sedang, baik pada unimodal, bimodal, trimodal, maupun quadmodal.

Kata kunci: komunikasi matematis, gaya belajar, unimodal, bimodal, trimodal, quadmodal.

  1. Abdillah, A. S. (2017). Profil Kemampuan Siswa dalam Mengajukan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Gaya Belajar VARK. Jurnal MathEdunesa, 6(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/issue/view/1301
  2. Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 204–212. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.648
  3. De Porter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning (A. Abdurrahman (ed.)). Kaifa PT Mizan Putra.
  4. Dobson, J. L. (2010). A Comparison Between Learning Style Preference and Sex, Status, and Course Performance. Advances in Physiology Education, 34, 197–204. https://doi.org/10.1152/advan.00078.2010
  5. Fleming, N. D. (2012). Teaching and Learning Style: VARK Strategies. http://vark-learn.com/wp-content/uploads/2014/08/VARKTeaching-and-Learning-Styles.pdf
  6. Fleming, N., & David, B. (2006). Learning Style Again: VARKing Up the Right Tree! Educational Developments SEDA Ltd, 7(4), 4–7.
  7. Hidayat, M. ., & Sutirna, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Sesiomadika, 809–817.
  8. Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dan Numbered Head Together. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667
  9. Jahring, J., & Chairuddin, C. (2019). Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4039
  10. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
  11. Nari, N. (2015). Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri. Ta’dib, 18(2), 150–162. https://doi.org/10.31958/jt.v18i2.287
  12. Nasruddin, N., & Jahring, J. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.195
  13. Oktaviani, D., & Mukhni, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika SMPN 1 Lubuk Alung. Journal Of Residu, 3(14), 18–26.
  14. Rahmawati, E., Hartoyo, A., & Yani, A. (2019). Kemampuan Komunikasi Tulis Menurut Gaya Belajar Siswa Dalam Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–8.
  15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35896
  16. Shah, K., Ahmed, J., Shenoy, N., & Srikant, N. (2013). How Different are Students and Their Learning Style? International Journal of Research in Medical Sciences, 1(3), 101–104. https://doi.org/10.5455/2320-6012.ijrms20130808
  17. Sulistyanto, H., & Nurgiyatna. (2019). Kajian Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Berbasiskan Web Berdasarkan pada Disiplin Ilmu dan Gender. The 10th University Research Colloqium STIK Muhammadiyah Gombong, 305–314.
  18. Tahir, T. (2021). The Effect of Learning Styles on Students ’ Mathematical Communication Ability. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1378

Open Access Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps