Profil Pemahaman Konsep Matriks dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar

Authors

  • Najmah Istikaanah Universitas Jenderal Soedirman
  • Ari Wardayani Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.21580/square.2022.4.1.9385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep matriks pada mata kuliah Struktur Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matriks pada mata kuliah Struktur Aljabar masih rendah. Hal tersebut ditinjau pada kemampuan mahasiswa untuk menjawab soal tes hasil belajar mata kuliah Struktur Aljabar. Dengan demikian diperlukan adanya penekanan khusus mengenai konsep matriks sebelum mahasiswa mengambil mata kuliah Struktur Aljabar.

Kata kunci: pemahaman, matriks, struktur aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229.

Istikaanah, N., Prayito, M. (2019) Profil Representasi Visual Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 229.

Lesmana, H., Yusmin, Edy., Sayu, Silvia. (2014). Pendeskripsian Pemahaman Konseptual Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Matriks Kelas X SMKN 3 Pontianak. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/216411-pendeskripsian-pemahaman-konseptual-sisw.pdf

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematik. Refika aditama.

Moleong, Lexy j. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Nurani, Mida., Riyadi., Subanti, Sri. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284-292.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Wardani, F. (2020). An analysis of student’s concepts understanding about simple harmonic motion:Study in vocational high school.Journal of Physics: Conference Series, 1511(1).

Walle, John A. Van De, Karp, Karen S, dan Bay-Williams, Jennifer M. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-04-28

Issue

Section

Articles