KINERJA, DAYA TARIK, DAN KEPUTUSAN NASABAH PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL DI PROVINSI JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.21580/ws.24.1.599Keywords:
capital, appeal, the decision of customer, BMT, JambiAbstract
The development of Baitul Mal wa Tamwil (BMT) in Jambi Province in recent years is quite dynamic. Some are well developed, while some others are not. The purpose of this study was to determine the performance, appeal and customers’ decision on BMT in Jambi Province. The method used was descriptive analysis. The population of this research was 5616 customers from 33 BMT. Sampling technique used was quota sampling as many as 171 samples from 9 BMT. The result obtained from the average value of all the answers on capital variable is 3.65, which means that the variable of sharia capital is in good category. Appeal variable average value is at 4.01, which means good. Customers’ decision variable is also in good category, with an average value of 3.95. This shows that the presence of BMT is generally accepted by the public and potential to develop well, especially in the segment of Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs). *** Perkembangan Baitul Mal wa Tamwil (BMT) di Provinsi Jambi dalam beberapa tahun terakhir cukup dinamis, ada yang yang berkembang dengan baik namun ada juga yang sulit berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menge¬tahui bagaimana kinerja, daya tarik dan keputusan nasabah pada BMT di Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 5616 nasabah dari 33 BMT, teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampling sebanyak 171 sampel dari 9 BMT. Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata semua jawaban pada variabel permodalan adalah sebesar 3.65, yang berarti variabel permodalan syari’ah termasuk pada kategori baik, begitu juga pada variabel daya tarik, nilai rata-ratanya berada pada 4.01 yang berarti baik, dan variabel keputusan nasabah juga berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 3.95. Hal ini menunjukan bahwa keberadaan BMT secara umum diterima dengan baik oleh masyarakat dan berpotensi untuk berkembang baik terutama di segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).Downloads
References
Alamsyah, Halim, “Perkembangan dan Prospek Perbankan Syari’ah Indonesia: Tantangan dalam Menyongsong MEA 2015” http://www.bi.go.id/id/ ruang-media/pidato-dewan-gubernur/Pages/TantanganDalam MenyongsongMEA2015_HA.aspx pdf artikel didownload 10/4/2014
Angipora, Marius P, Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, , 2002.
Bank Indonesia, “Ringkasan Pokok-pokok Hasil Penelitian, Potensi Preferensi, dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syari’ah di Pulau Jawa”, Laporan Penelitian, 2000.
Chaudry, Muhammad Sharif, Sistem Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana, 2012.
Choeriyah, Titik., “Prosedur Pembiayaan Musyarakah pada BMT Amal Mulia Suruh Kabupaten Semarang”, Laporan Penelitian, Salatiga:. STAIN Salatiga, 2007.
Departemen Agama RI., Al-Qur’anul Karim dan Terjemahannya, Bandung: Sygma Examedia Arkanleema, 2009.
Efendi, Lutfi., “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Nasabah pada Bank Muamalat Malang”, Laporan Penelitian, Malang; UIN Malang, 2009.
Febrian, “Pengaruh Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Baitul Maal Wat Tamwil: Studi Pada Nasabah Tabungan BMT Al Rifa’ie Gondanglegi”, Laporan Penelitian, Malang; Universitas Negeri Malang, 2012.
Gamal, Merza, Aktivitas Ekonomi Syari’ah , Pekanbaru: UNRI Press, 2004.
Karim, Helmi, Fiqh Muamalah, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997.
Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 91/Kep/M.KUKM/IX/2004 tentang Petunjuk Pe¬laksana¬an Kegiatan Usaha Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implikasinya dan Kontrol, terj. Hendra Teguh dan Renny A. Rusli. Jakarta: Prehalindo, 1997.
Kotler, Phillip & Amstrong, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 2008..
Lamb, Charles W, Hair, Joseph F, dan McDaniel, Pemasaran, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat, 2001.
Laras, T. 2012. Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan. Universitas Padjajaran. Bandung.
Maski, Gozali, “Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Study pada Bank Syari’ah di Malang”, Journal of Indonesia Applied, Vol. 4 No.1, 2010.
Muhammad, Manajemen Bank Syari’ah , Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005.
Saraswati, Ayu Rosita. “Peranan Analisis Laporan Keuangan, Penilaian Prinsip 5C Calon Debitur dan Pengawasan Kredit terhadap Efektifitas Pemberian Kredit pada PD BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung”, Jurnal Nominal. Universitas Negeri Yogyakarta, Volume I, Nomor I, Tahun 2012.
Schiffman, Leon G.; Kanuk, Leslie Lazar. 2010 Consumer Behavior, 8th. New Jersey: Prentice Hall Inc
Sijabat, S dan Idris, Evaluasi Kelayakan Koperasi Menjadi Koperasi Skala Besar. Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM, Vol. 7, 201, pp.54 -82
Supadie, Didiek Ahmad, Sistem Lembaga Keuangan Ekonomi Syari’ah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2013.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE, 2000.
Syafi’i Antonio, Muhammad, Bank Syari’ah dari Teori ke Praktek, Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
Ulinnuha. F., “Pengaruh Pembiayaan Musyarakah terhadap Kinerja Usaha Nasabah (Studi pada BPRS Artha Mas Abadi Pati)”, Laporan Penelitian, Semarang: IAIN Walisongo, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright and Licensing
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors and users (readers, etc.) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.