Model Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Yang Damai, Moderat, dan Toleran

Munawar Rahmat

Abstract


The study aims to describe the model of Islamic Religious Education (PAI) lectures that are peaceful, moderate, and tolerant in Indonesia University of Education (UPI). The research method used is descriptive-qualitative. The study found that the peaceful, moderate, and tolerant model of Islamic Education is to use open-ended lecture models that include the openness of lecturers, materials and methods. The openness of the lecturer is shown by the attitude and the thinking of the lecturer who sees the difference of understand, madzhab and religion as necessity and not exclusive, material disclosure is shown by substantive and inclusive material selection, while method openness is demonstrated by the use of an argumentative dialogical learning method consisting of ushul study cross-mazhab method, methodology of madhahab typhology  and method of study of religions.

 

Abstrak

Penelitian bertujuan mendeskripsikan model perkuliahan PAI yang damai, moderat, dan toleransi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif-kualitatif. Penelitian menemukan bahwa Model Pendidikan Agama Islam yang damai, moderat, dan toleran yaitu menggunakan model perkuliahan yang terbuka yang meliputi keterbukaan dosen, materi dan metode. Keterbukaan dosen ditunjukkan dengan sikap dan pemikiran dosen yang melihat perbedaan paham, mazhab dan agama sebagai keniscayaan dan tidak bersifat eksklusif; keterbukaan materi ditunjukkan dengan pemilihan materi secara substantive dan inklusif,sedangkan keterbukaan metode ditunjukkan dengan penggunaan metode pembelajaran yang dialogis argumentatif yang terdiri dari metode studi ushul lintas mazhab, metode tipologi mazhab dan metode studi agama-agama.


Keywords


Inklusif; dosen PAI; substansi materi PAI; metode perkuliahan dialogis-argumentatif;Islamic Education; moderate; tolerant; openness of lecturers;

Full Text:

PDF

References


Bbc.com., Ajaran Syiah, menurut MUI, tidak dilarang di Indonesia, (http://www.bbc.com/indonesia) (online) diakses 15 Oktober 2015.

Clark, W.H., 1968, The Psychology of Religion: An Introduction to Religious Experience and Behavior, The MacMillan Company, New York.

Dabla, B.A., "Dr. Ali Syari`ati dan Metodologi Pemahaman Islam," terj. Bambang Gunawan. Jurnal Al-Hikmah Yayasan Muthahhari Bandung, Vol. 199 No. 4 (Rabi`al-Tsani-Sya`ban 1412/Nopember 1991-Februari 1992).

Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Nominator Penerima Apresiasi Pendidikan Islam untuk Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam 2017, SK Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI No. 6921 Tahun 2017, 20 November 2017.

Eramuslim.com, Aliran Sesat Pemicu Konflik di Sukabumi? (http://www.eramuslim.com.) (online) diakses 23 Agustus 2012.

Fianto, J.A. "Refresentasi Peristiwa Kerusuhan Sunni Syiah di Sampang Madura dalam Foto-foto di Majalah Tempo Edisi 24 Agustus 2011-11 Agustus 2013," Jurnal Commonline Departemen Komunikasi, Vol. 4 No. 1 (2015)

Firdaus, E. & Rahmat, M., 2015, Studi Model Pembinaan Toleransi Beragama dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Kerukunan Hidup Beragama Bagi Siswa SMA di Kota-kota Besar dan Multi Etnik. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi Dikti pada LPPM UPI Bandung.

Firdaus, E. & Rahmat, M., "Learning Model of Religious Tolerance (A Study of The Increase of Life Cohesion for Students)," The 1st UPI International Conference on Islamic Education. Islamic Education Faces Global Challenges (19 Oktober 2016)

Firdaus, E. & Rahmat, M., 2017, Studi Model Studi Agama-agama dalam Perkuliahan PAI untuk Meningkatkan Pemahaman dan Toleransi Beragama Mahasiswa, Penelitian Kompetitif pada LPPM UPI Bandung.

Fokustoday.com., Muhammadiyah: Tidak ada fatwa sesat buat Syi’ah, (https://www.fokustoday.com.) (online) diakses 13 Oktober /2017.

Ismail, R., "Konsep Toleransi dalam Psikologi Agama (Tinjauan Kematangan Beragama)," Religi - Jurnal Studi Agama-Agama, Vol. 8 No. 1 (Januari 2012)

James, W., 1958, The Varieties of Religious Experience: A Study in Human Nature, Modern Library, New York.

Mujani, Kecenderungan Radikalisme Agama Akhir-akhir Ini, (http://www.islamlib.com.) (online) diakses 20 Maret 2006.

Rahmat, M., "Corak Berpikir Keagamaan Mahasiswa (Eksklusif, Inklusif, dan Liberal)," Taklim - Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 10 No. 1 (Maret 2012)

Rahmat, M., "Studi Model Pembelajaran “Tipologi Mazhab” dalam Perkuliahan Seminar PAI untuk Meningkatkan Pemahaman dan Toleransi se Agama pada Mahasiswa UPI," The 1st UPI International Conference on Islamic Education. Islamic Education Faces Global Challenges (19 Oktober 2016)

Rahmat, M., & Fahrudin, 2008, Model Pembelajaran Studi Ushul dan Lintas Mazhab dalam Perkuliahan Seminar PAI untuk Meningkatkan Pemahaman dan Toleransi Mahasiswa Terhadap Sesama Muslim Beda Mazhab. Penelitian Kompetitif pada LPPM UPI Bandung.

Syafi`i, Radikalisme Beragama, (http://www..islamlib.com.) (online) diakses 20 Maret 2006.

Syahbudin, Z. & Hanafi, M., "The Model of Learning Design Based on Islamic Multicultural Education to Prevent Conflicts of Behavior," Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol. 3 No. 2 (2017)

Syahidin & Rahmat, M., 2009, Corak Berpikir Keagamaan Mahasiswa di Jawa Barat: Dari Corak Berpikir Keagamaan yang Eksklusif, Inklusif, hingga Liberal. Penelitian Kompetitif Dikti pada LPPM UPI Bandung.

Tempo.co., Kronologi Penyerangan Jamaah Ahmadiyah di Cikeusik. (http://www.m.tempo.co.) (online) diakses 6 Februari 2011.

Tempo.co., Said Aqil: Syi`ah Tidak Sesat. (https://www.nasional.tempo.co.) (online) diakses 27 Januari 2012.

Tempo.co., Muhammadiyah dan NU Tolak MUI Fatwakan Sesat Syi`ah, (https://www.nasional.tempo.co.) (online) diakses 20 Desember 2013.

Thalib, al-Ustad Ja`far Umar, Toleransi Beragama, (http://www.indonesiaindonesia.com.) (online) diakses 15 Oktober 2014.

Wahab, 2015, Kumpulan Hadits Sesuai Abjad. E-Book (http://www.ahabiy.blogspot.com.).

Wikipedia.org., Tritunggal, (http://www.id.wikipedia.org) (online) diakses 22 Februari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.2180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats