Departemen Pendidikan Umum, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung - Indonesia
Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam FPIPS UPI, terakreditasi A.
The study aims to describe the model of Islamic Religious Education (PAI) lectures that are peaceful, moderate, and tolerant in Indonesia University of Education (UPI). The research method used is descriptive-qualitative. The study found that the peaceful, moderate, and tolerant model of Islamic Education is to use open-ended lecture models that include the openness of lecturers, materials and methods. The openness of the lecturer is shown by the attitude and the thinking of the lecturer who sees the difference of understand, madzhab and religion as necessity and not exclusive, material disclosure is shown by substantive and inclusive material selection, while method openness is demonstrated by the use of an argumentative dialogical learning method consisting of ushul study cross-mazhab method, methodology of madhahab typhology and method of study of religions.
Abstrak
Penelitian bertujuan mendeskripsikan model perkuliahan PAI yang damai, moderat, dan toleransi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif-kualitatif. Penelitian menemukan bahwa Model Pendidikan Agama Islam yang damai, moderat, dan toleran yaitu menggunakan model perkuliahan yang terbuka yang meliputi keterbukaan dosen, materi dan metode. Keterbukaan dosen ditunjukkan dengan sikap dan pemikiran dosen yang melihat perbedaan paham, mazhab dan agama sebagai keniscayaan dan tidak bersifat eksklusif; keterbukaan materi ditunjukkan dengan pemilihan materi secara substantive dan inklusif,sedangkan keterbukaan metode ditunjukkan dengan penggunaan metode pembelajaran yang dialogis argumentatif yang terdiri dari metode studi ushul lintas mazhab, metode tipologi mazhab dan metode studi agama-agama.
Keywords: Inklusif; dosen PAI; substansi materi PAI; metode perkuliahan dialogis-argumentatif;Islamic Education; moderate; tolerant; openness of lecturers;