The Leadership of the Head Madrasah Based Quality

wahyudi wahyudi*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
DYP Sugiharto  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Masrukhi Masrukhi  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Ahmad Rifai Rc  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

The research focus is to discuss about a leadership of the head madrasah-based quality in Madrasah Aliyah Al Mukmin Muhammadiyah, Tembarak, Temanggung, Central Java. It was used qualitative research. The result shown that the head of the madrasah had a strong desire to realize the vision and mission of the madrasah. He strongly built the quality culture of madrasah based on five principles. There are (1). always being a mukmin and Muslim everywhere and anytime. (2). always friendly in service. (3). having a high professionalism in carrying out administrative duties and adoring the work. (4). creative, dynamic, and innovative in scientific development, and (5). Behave and trustworthy manner, akhlaqul karimah and be role model to other academic community.

Abstrak
Fokus penelitian adalah untuk membahas tentang kualitas kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Al Mukmin Muhammadiyah, Tembarak, Temanggung, Jawa Tengah. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala madrasah memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkan visi dan misi madrasah. Dia sangat membangun budaya kualitas madrasah berdasarkan lima prinsip. (1). selalu menjadi seorang mukmin dan Muslim di mana saja dan kapan saja. (2). selalu ramah dalam pelayanan. (3). memiliki profesionalisme yang tinggi dalam menjalankan tugas-tugas administrasi dan mengagumi pekerjaan. (4). kreatif, dinamis, dan inovatif dalam pengembangan keilmuan, dan (5). berperilaku dan dapat dipercaya, akhlaqul karimah dan menjadi teladan bagi komunitas akademis lainnya.

 

Keywords: Leadership; Madrasah’s Headmaster; Based-Quality;Kepemimpinan; Kepala Sekolah Madrasah; dan Kualitas; al Mukmin

  1. Alma Buchari, dan Ratih Hurriyati, 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima, Bandung : Alfabeta.
  2. Bisron , 2018, Interview, Public Figure at Temanggung,
  3. Fatah, Nanang, 1999. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
  4. Harefa, Andrias, 2000. Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
  5. Machali, Imam dan Ara Hidayat, 2016. The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia,Jakarta: Prenadamedia Group.
  6. Muhtadi, 2018, Interview, Teacher in Madrasah Aliyah al Mukmin
  7. Mulyadi, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Malang: UIN Maliki Press.
  8. Mulyasa, E, 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional alam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosda Karya.
  9. Mulyasa, E, 2012.Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Nurkolis, 2003. Manajemen Berbasis sekolah, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  11. Pitoyo, Makmun, 2018, Interview, Head Master in Madrasah Aliyah al Mukmin
  12. Sallis, Edward, 2011. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan, Jogjakarta: Ircisod.
  13. Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana, 2003. Total Quality Management Yogyakarta.

Open Access Copyright (c) 2018 Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps