KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM

Desi Wulandari Nuning Setyowati

Abstract


Penelitian in bertujuan untuk mengkaji keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam kelas IV SDN Wonosari 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wonosari 01. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IVA (kelas eksperimen) dan siswa kelas IVB (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,45 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 57. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,707) >ttabel (1,728) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL lebih besar dibandingkan pendekatan konvensional. Nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,26 (rendah) dan kelas eksperimen 0,50 (sedang). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional.

Keywords


Contextual teaching and learning approach; effectiveness; natural resource; learning outcomes; science

Full Text:

PDF

References


Glynn, S. M. dan Linda K. W. 2004. Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education, 16, 51-63.

Hudson, C. C. dan V. R. Wishler. 2011. Contextual Teaching and Learning for Practicioners. Systematic, Cybernetics, and Informatics, 6, 54-58.

Jannah, Ismiatul, dkk. 2014. PengaruhPendekatan Contextual Teaching and Learning terhadapHasilBelajar IPA SiswaKelas IV Semester II Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) SingarajaTahunPelajaran 2013/2014. E-JurnalMimbar PGSD UniversitasPendidikanGanesha, 2:1.

Putra, S. R. 2013. DesainBelajarMengajarKreatifBerbasisSains. Jogjakarta: Divapress.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: MengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Samriani. 2014. PenerapanPendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) dalamMeningkatkanHasilBelajarSiswapada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu, 4:2.

Sapriati, A. dkk. 2009. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Septiana, Anisya. 2015. Contextual Teaching and Learning Approach (CTL) in Matematics to Develop Adversity Qoutient (AQ). Proceeding of International Conference On Research Implementation and Education of Mathematics and Sciences, 1-6.

Sugiyono. 2015. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA



Indexed By :
Journal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.