KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM

Desi Wulandari Nuning Setyowati*  -  Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian in bertujuan untuk mengkaji keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam kelas IV SDN Wonosari 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wonosari 01. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IVA (kelas eksperimen) dan siswa kelas IVB (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,45 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 57. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,707) >ttabel (1,728) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL lebih besar dibandingkan pendekatan konvensional. Nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,26 (rendah) dan kelas eksperimen 0,50 (sedang). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional.

Keywords: Contextual teaching and learning approach; effectiveness; natural resource; learning outcomes; science

  1. Glynn, S. M. dan Linda K. W. 2004. Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education, 16, 51-63.
  2. Hudson, C. C. dan V. R. Wishler. 2011. Contextual Teaching and Learning for Practicioners. Systematic, Cybernetics, and Informatics, 6, 54-58.
  3. Jannah, Ismiatul, dkk. 2014. PengaruhPendekatan Contextual Teaching and Learning terhadapHasilBelajar IPA SiswaKelas IV Semester II Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) SingarajaTahunPelajaran 2013/2014. E-JurnalMimbar PGSD UniversitasPendidikanGanesha, 2:1.
  4. Putra, S. R. 2013. DesainBelajarMengajarKreatifBerbasisSains. Jogjakarta: Divapress.
  5. Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: MengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
  6. Samriani. 2014. PenerapanPendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) dalamMeningkatkanHasilBelajarSiswapada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu, 4:2.
  7. Sapriati, A. dkk. 2009. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  8. Septiana, Anisya. 2015. Contextual Teaching and Learning Approach (CTL) in Matematics to Develop Adversity Qoutient (AQ). Proceeding of International Conference On Research Implementation and Education of Mathematics and Sciences, 1-6.
  9. Sugiyono. 2015. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Open Access Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps