The Effectiveness of Gallery Walk and Simulation (GALSIM) to Improve Students’ Achievement in Fiqh Learning

I Ismail, Sri Anitah W, S Sunardi, Dewi Rochsantiningsih

Abstract


This article presents the efforts of teacher in enhancing students’ achievement through the implementation of cooperative learning model: Gallery Walk and Simulation (GALSIM). This classroom action research aims to describe the improvement of students’ achievement of Fiqh subject matter. The data was collected by observation, actions, documents, and tests. This two-cycle research used four steps i.e. planning, action, observation and reflection in each cycle. The results show that the implementation of GALSIM could improve students’ activity along the learning process. Moreover, the implementation of this model could also improve students’ achievement at the end of their study on Fiqh

Tulisan ini mengetengahkan upaya guru dalam meningkatkan prestasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berupa Gallery Walk dan Simulation (GALSIM). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemajuan prestasi siswa pada pelajaran Fikih. Data penelitian terkumpul melalui pengamatan, tindakan, dokumentasi, dan tes. Penelitian dengan dua siklus ini memanfaatkan empat langkah berupa perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Temuan riset ini menunjukkan bahwa penerapan GALSIM dapat meningkatkan keaktifan siswa selama pembelajaran. Di samping itu, penerapan model ini dapat pula meningkatkan prestasi siswa dalam mempelajari Fikih.

Keywords


fiqh; cooperative learning; students’ achievement; gallery walk; simulation

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazy, Syekh Muhammad Qasim. 1990. Syarah Fathul Qarib. Semarang: Pustaka Al-Alawiyah.

Anderson, Lorin W., and David R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. White Plains, NY: Addison Wesley Longman.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saefuddin. 1998. Tes Prestasi Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bigot, Icy. 1990. Leerboek Der Psychologie. Bandung: Jenmars.

BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Khusus Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: PT Binatama Raya.

Buchori, M. 1985. “Teknik-Teknik Evaluasi Pendidikan .” Bandung Jemmars.

Hamalik, Umar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.

Khairuddin. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP Konsep Dan Implementasi Di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media.

Mardiati. 2015. “Penggunaan Metode Simulasi Untu Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IX B SMP N Lubuk Basung.” Jurnal Pelangi 7 (2). doi:10.22202/jp.2015.v7i2.199.

N.K., Roestiyah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 1986. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Jenmars.

PMA RI No. 16, Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah. 2016. Indonesia.

PMA RI No. 2, Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab. 2008. Indonesia.

PP RI No. 32, Perubahan Atas PP No. 19, 2005 Standar Nasional Pendidikan. 2013. Indonesia.

Rokhmatun, Siti. 2011. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Materi Pokok Haji Melalui Penerapan Metode Gallery Walk Dan Demonstrasi Di Bagi Siswa Kelas Tahun Pelajaran 2010/2011.” IAIN Walisongo.

Sardiman, A M. 1988. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru. Jakarta: Rajawali.

Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 1987. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sucipto. 2017. “Peningkatan Pemahaman Cara Berwudhu Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Dan Simulasi Di Sekolah Dasar.” Brilliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 25–31.

Sudjana, Nana. 1999. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sulaiwi. 2011. “Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Materi Pokok Salat Id Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas Tanjungsari Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2010/2011.” IAIN Walisongo.

Sutikno, M Sobri. 2007. Rahasia Sukses Belajar Dan Mendidik Anak. Mataram: NTP Press.

UU RI No. 20, Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/ws.25.1.1343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by

Journal Terindex di DOAJ Journal Terindex di EBSCO Journal Terindex di Crossref Journal Terindex di Google Scholar Journal Terindex di Academia Journal Terindex di citefactor Journal Terindex di citeulike Journal Terindex di Base Journal Terindex di Portal Garuda Journal Terindex di Moraref Journal Terindex di Sinta Journal Terindex di onesearch

 


Copyright © 2017 Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, ISSN: 0852-7172 (p) 2461-064X (e)

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons
View My Stats