PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN LEPIDOPTERA SUBORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN CAGAR ALAM PAGERWUNUNG DARUPONO KENDAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MA NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU KENDAL

Fitrotun Nafsiyah

Abstract


Sumber belajar Biologi khususnya materi keanekaragaman hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal masih terbatas sehingga berpengaruh pada pemahaman peserta didik terhadap materi keanekaragaman hayati. Sekolah ini memiliki jarak yang dekat dengan kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal yang memiliki potensi keanekaragaman jenis Lepidoptera (Rhopalocera:Kupu-kupu), akan tetapi belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan jenis Lepidoptera Subordo Rhopalocera yang ada di kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal dan menjelaskan kelayakan booklet tentang Keanekaragaman Rhopalocera di kawasan Cagar Alam Pagerwunung sebagai sumber belajar Biologi kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 10 Langkah Borg & Gall, namun dimodifikasi hanya sampai tahap uji coba produk skala kecil. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MA NU 03 Sunan Katong yang berjumlah 18 siswa. Jenis hewan Rhopalocera yang ditemukan di kawasan Cagar Alam Pagerwunung berjumlah 29 spesies yang terbagi atas 4 famili yaitu Nymphalidae berjumlah 15 spesies, Papilionidae 6 spesies, Pieridae 6 spesies, dan Lycaenidae 2 spesies. Uji kelayakan oleh ahli materi termasuk dalam ketegori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 92%, penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata sebesar 74,54%, penilaian oleh guru biologi persentase rata-rata yaitu sebanyak 91,30%, serta penilaian dari peserta didik memperoleh persentase rata-rata sebanyak 84,6% yang menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan persentase tersebut, booklet dapat dikatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.


Keywords


Rhopalocera, booklet, MA NU 03 Sunan Katong

Full Text:

PDF

References


Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers

Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Akbar, Sa'dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.