PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN LEPIDOPTERA SUBORDO RHOPALOCERA DI KAWASAN CAGAR ALAM PAGERWUNUNG DARUPONO KENDAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MA NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU KENDAL

Fitrotun Nafsiyah*  -  Pendidikan Biologi, UIN Walisongo, Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Sumber belajar Biologi khususnya materi keanekaragaman hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal masih terbatas sehingga berpengaruh pada pemahaman peserta didik terhadap materi keanekaragaman hayati. Sekolah ini memiliki jarak yang dekat dengan kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal yang memiliki potensi keanekaragaman jenis Lepidoptera (Rhopalocera:Kupu-kupu), akan tetapi belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan jenis Lepidoptera Subordo Rhopalocera yang ada di kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal dan menjelaskan kelayakan booklet tentang Keanekaragaman Rhopalocera di kawasan Cagar Alam Pagerwunung sebagai sumber belajar Biologi kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 10 Langkah Borg & Gall, namun dimodifikasi hanya sampai tahap uji coba produk skala kecil. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MA NU 03 Sunan Katong yang berjumlah 18 siswa. Jenis hewan Rhopalocera yang ditemukan di kawasan Cagar Alam Pagerwunung berjumlah 29 spesies yang terbagi atas 4 famili yaitu Nymphalidae berjumlah 15 spesies, Papilionidae 6 spesies, Pieridae 6 spesies, dan Lycaenidae 2 spesies. Uji kelayakan oleh ahli materi termasuk dalam ketegori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 92%, penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata sebesar 74,54%, penilaian oleh guru biologi persentase rata-rata yaitu sebanyak 91,30%, serta penilaian dari peserta didik memperoleh persentase rata-rata sebanyak 84,6% yang menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan persentase tersebut, booklet dapat dikatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

Keywords : Rhopalocera, booklet, MA NU 03 Sunan Katong

  1. Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
  2. Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers
  3. Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group
  4. Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
  5. Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  6. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  7. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  8. Akbar, Sa'dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Open Access Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps