Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i1.8433Keywords:
Analisis Empiris, Analisis Teoritis, Kualitas SoalAbstract
Analisis soal memiliki peranan penting dalam mendapatkan kualitas butir soal yang baik untuk dijadikan sebagai alat evaluasi. Namun, fenomena yang terjadi banyak guru yang belum menganalisis kualitas soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal UAS Biologi kelas X dan XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai berdasarkan analisis teoritis dan empiris. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya kualitas soal kelas X berdasarkan analisis teoritis 32% baik, 20% sangat baik, 12% sedang, 28% kurang baik, dan 8% tidak baik. Sedangkan kelas XI 52% sangat baik, 36% baik, 4% kurang baik, dan 8% tidak baik. Kualitas butir soal kelas X berdasarkan analisis empiris 48% sedang, 20% kurang baik, 16% tidak baik, dan 16% baik. Pada kelas XI 32% baik, 24% kurang baik, 20% sedang,12% sangat baik, dan 12% tidak baik. Level kognitif yang digunakan kelas X C1 dan C2, serta kelas XI C1,C2,C3,dan C4. Mayoritas kualitas soal kelas X secara teoritis merupakan soal yang baik dan secara empiris sedang, serta mayoritas kualitas soal kelas XI secara teoritis sangat baik dan secara empiris baik.Downloads
References
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.
Erniyanti, M. Junus, dan Muliati S. 2020. Analisis Ranah Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Fisika Kelas X (Studi Pada Buku Karya Ini Ketut Lasmi). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1 (2): 115-123.
Febriani, I.M. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Jerman Kelas X Mia 6 SMA Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Laterne, 1 (5) 1: 7.
Herlanti, Y. (2015). Analisis Domain Pengetahuan dan Kognitif pada Kurikulum Indonesia Tahun 1984-2013 Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Jusup, R., Wahyu S., Ana R., san Sa’ud U. S. (2018). Profil Karakteristik Soal Ujian Nasional IPA SD Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Visipena, 9 (1): 115-127.
Nurjannah, S. (2019). Analisis Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajatran PAI dan Budi Pekerti SMP Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2017 Perspektif HOTS. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Oktavianti, F.S. (2017). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Skripsi. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Prihatini, S. (2015). Analisis Deskriptif Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2015. Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Indonesia (HEPI) Tahun 2015, hal: 193-204.
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3): 71-76.
Putra, H. K. (2017). Profil Soal Ujian Nasional Biologi Tingkat SMA Tahun Ajaran 2014-2016 Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skill (HOTS). Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putri, M. (2020). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus Teuku Umar Kota Tegal Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Putriani, D., Fadila T., Nefi R. S., Pisi I., dan Ahmad W. (2020). Analisis Butir Soal UAS Biologi Kelas X dan XI SMAN 11 Kota Bengkulu Tahun 2018/2019. Journal of Biology Learning, 2 (1): 1-7.
Rahmat. (2015). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Bening Pustaka.
Rahmani, M. (2015). Analisis Kualitas Butir Soal Buatan Guru Biol ogi Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanah Pinoh. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.
Riswanda, J. (2018). Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Serta Implementasinya di SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2 (1): 49-58.
Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Edisi Revisi. Tangerang: TSMart.
Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI Pada MAN Sampit. Jurnal EduSains, 4 (2): 115-121.
Setyaningrum, P. M. P., Murni R., dan Yudi R. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Instrumen Assessment Diagnostic Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Virus. Jurnal Bioedukatika, 6 (2): 91-101.
Sitorus, A. P., Masye W., dan Sukma P.G. (2017). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Buatan Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Remboken. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi, 5 (1): 49-54.
Solichin, M. (2017). Analis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2 (2): 192-213.
Tobari. (2015). Evaluasi Soal-Soal Penerimaan Pegawai Baru Dilengkapi Dengan Hasil Penelitiannya. Yogyakarta: Deepublish.
Triana, D. D. (2020). Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran Tari. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Umronah. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Monogiri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Utami, I. P., dan Aryeni. (2017). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif Taksonomi Anderson. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 (3): 185-192.
Wahidmurni. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta: Nuha Litera.
Werdiningsih, G. (2015). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMAN 2 Banguntapan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.
Yusuf, M. (2017). Assesment dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.