Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Studi Kasus Terintegrasi Nilai Islam
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6632Keywords:
bahan ajar, integrasi, nilai IslamAbstract
Hasil wawancara di salah satu MA swasta di kota Bandung, menunjukkan bahwa sumber belajar yang mampu mengintegrasikan materi umum dengan nilai-nilai keislaman sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berbasis metode studi kasus terintegrasi nilai Islam pada materi sistem gerak manusia. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model 4D yang dibatasi sampai pada 3D (define, design, develop). Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas XI MIA MA Al-Jawami Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji validasi ahli materi, media dan guru mata pelajaran, serta angket uji keterbacaan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kategori sangat layak berdasarkan uji validasi dengan persentase rata-rata 89%. Bahan ajar diujicobakan secara terbatas dengan hasil uji coba termasuk kategori sangat layak dengan persentase 95%. Presentase keseluruhan bahan ajar tersebut yakni 92%, artinya bahan ajar yang dikembangkan dinilai sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar peserta didik di MA.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Astuti, R., Ruqiah G. P. P., Titin. (2016). Kelayakan Media Komik Elektronik pada Pembelajaran Submateri Zat Aditif di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5(8), 1-13.
Ayu, Yolanda Patrica & Lepiyanto, Agil. (2019). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Terintegrasi Nilai Keislaman Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Bioterdidik. 7(4), 53-63.
Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarrta: Universitas Terbuka.
Cliff, William H. & Wright, Ann W. (2007). Directed Case Study Method For Teaching Human Anatomy And Physiology. Advan Physiol Educ. 15(1), 19-28.
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S.S. (2020). Pengebangan Bahan Ajar Mekanka Tanah Berbasis E-Modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. JPenSil. 9(1), 1-7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987
Ihsani, Nurul, Idrus, A.A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai-Nilai Islami untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. J. Pijar MIPA. 5(2), 103-109. http://doi.org/ 10.29303/Jpm.V15i2.1326
Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam: Islamic Educational Institution Concerning Islamic Education. 38(3), 484-498.
Ningtyas, E, A., Sumarni, W., & Christijanti, W. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis SETS dengan Tema Hujan Asan untuk Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal. 3(1), 438-444. http://doi.org/438-444. http://doi.org/10.15294/USEJ.V3I1.2970
Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A., (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology and Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar MIPA. 3(13). 74-78. http://doi.org/10.29303/ Jpm.V14i2.1256
Pranata, B. D. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Discovery Inquiry pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Malang.
Prayitno, S. H., & L.adyawati, E. (2017). Pengembangan Modul Matematika Diskrit untuk Meningkatkan Multiple Intelligences Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya. 28 Oktober 2017. Universitas Airlangga Surabaya.
Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran (Pendekatan Standar Proses). Makassar: Alauddin University Press
Rusdiana, A. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. Jurnal Istek. 8(2), 123-143.
Sadjati,I. M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Thiagarajan, S., Semmel D. S., & Semmel M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Ulfah, A. & Jumaiyah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 2(1), 75-81.
Yadav, A & Janna, L. B. (2009). Implementing Case Studies in a Plant Pathology Course: Impact on Student Learning and Engagement. Journal National Resour. Life Sciences. Education. 38(1), 50-55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.