Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Sistem Imunitas
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6635Keywords:
android, media pembelajaran, sistem imunitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi sistem imunitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan tahapan pengembangan 3D (Define, Design, dan Development). Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Palabuhanratu pada peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu validasi media pembelajaran dan teknik data analisis respon angket siswa terhadap media pembelajaran dengan menggunakan skala pengukuran rating scale. Indikator penilaian media oleh ahli materi meliputi kurikulum, penyajian materi, penggunaan Bahasa dan evaluasi, dan indikator oleh ahli media meliputi desain tampilan, aksesbilitas, penggunaan Bahasa dan keterlaksanaan. Hasil uji validasi media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi memperoleh persentase sebesar 79,90% dengan kriteria valid dan layak dan 81,84% dengan kriteria valid dan sangat layak, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran memperoleh hasil sebesar 79,65% dengan kriteria valid dan baik.Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azizah, F. A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Kelas XI. E-Journal Prodi Teknologi Pendidikan, 7 (3), 239-254.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Cimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult andEffective : Student’s Views. Educational Research and Reviews. Vol 7 (3) : 61-71.
Hackbarth. (1996). The Educational Technology Handbook. Englewood Cliiffs: Educational Technology Publications.
M.Haviz. (2013). Research and Development; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta’dib Vol. 16, No. 1.
Irwanto. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran Kimia SMA. Holistik. Vol 2 (1).
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung : Alfabeta.
Musfiqon.H.M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurwahyuningsih Ibrahim And Ishartiwi Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP. REFLEKSI EDUKATIKA. Vol 8 (1).
Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.
Purwanto, M. N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ratna Wilis Dahar. (2006) Dalam Gagne. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Riduwan. (2018). Dasar-dasar Statistika. Bandung: CV Alfabeta
Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Sugito, Sukewi. (1994). Perencanaan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Usman , Moh Uzer. (2001). Menjadi Guru yang Profesional. Bandung: Rosda Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.