Teknologi Augmented Reality (Ar) Sebagai Solusi Media Pembelajaran Sains Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Authors

  • Juwita Juwita Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Elania Zoela Saputri Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Ira Kusmawati Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6636

Keywords:

Adaptasi kebiasaan baru, Augmented Reality

Abstract

Media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality (AR) dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik secara langsung untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode penelitian studi literatur dengan mencari referensi berupa artikel yang relevan dari jurnal dan sumber pustaka lainnya. Data yang diperoleh adalah data sekunder yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan cara menggabungkan objek visual dua maupun tiga dimensi. Teknologi AR dapat dihadirkan ke dalam dunia nyata dan dimunculkan secara real time. Teknologi tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi berbasis praktikum dan pembelajaran Fisika dalam materi tata surya. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran sains telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Agar pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran lebih efektif maka diperlukan- upaya pengembangan teknologi Augmented Reality (AR) pada materi pelajaran yang membutuhkan visualisasi objek misalnya pada materi Sistem Pernapasan dan Sistem Peredaran Darah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Arizona, K., Barat, N. T., Studi, P., & Fisika, T. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2502–7069), 64. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Areani, I. sari. (2018). Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Tepat, 1(2). Diambil dari https://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/view/27

Denker, K. . (2013). Student Responses System and Facilitating the Large Lecture Basic Communication. Assessing Engagement and Learning.

Dewi, K. R. (2019). Peserta Didik di Sekolah Dasar. Kompasiana. Diambil dari https://www.kompasiana.com/ratihkurnia/5dbe7159097f362b176ab4f2/karakteristik-peserta-didik-di-sekolah-dasar?page=all.

Fitriani, Yani., D. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175. Diambil dari http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index

Haryanto, Tonny., D. (2017). Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Pembelahan Sel dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Sistem dan teknologi Informasi, 5(2). Diambil dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/19431

Husaini, M. (2019). “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Jurnal Mikrotik, 2(1). Diambil dari http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314/254.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Tentang Tujuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Mesililesi, Muhammad Iqbal., D. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA (Studi Kasus : SMA Negeri 7 Pontianak). Jurnal Sistem da Teknologi Informasistem da Teknologi Informasi, 5(2).

Mustaqim, IImawan., D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Mustaqim, I. dan N. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 37. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/324174351.pdf

Negeri, K. D. (2020). Pedoman Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Diambil dari https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/wp-content/uploads/2020/07/5.7.2-Pedoman-Masyarakat-Produktif-dan-Aman-COVID-19.pdf.

Rosa, Agmita Clara., D. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Informatika GLobal, 10(1). Diambil dari http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/view/728

Santrock. (2003). Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Saputri, Eka Fitriani, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS III SDN 015 TARAKAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1). Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/4562

Sari, W. S., Ika Novita Dewi, dan A. S. (2012). Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Panca Indra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. SEMANTIK. Diambil dari http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/62

Sofiah, R., Suhartono, & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sain Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1-18. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Keefektifan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 65–84.

Downloads

Published

2021-09-30