Teknologi Augmented Reality (Ar) Sebagai Solusi Media Pembelajaran Sains Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6636Keywords:
Adaptasi kebiasaan baru, Augmented RealityAbstract
Media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality (AR) dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik secara langsung untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode penelitian studi literatur dengan mencari referensi berupa artikel yang relevan dari jurnal dan sumber pustaka lainnya. Data yang diperoleh adalah data sekunder yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan cara menggabungkan objek visual dua maupun tiga dimensi. Teknologi AR dapat dihadirkan ke dalam dunia nyata dan dimunculkan secara real time. Teknologi tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi berbasis praktikum dan pembelajaran Fisika dalam materi tata surya. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran sains telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Agar pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran lebih efektif maka diperlukan- upaya pengembangan teknologi Augmented Reality (AR) pada materi pelajaran yang membutuhkan visualisasi objek misalnya pada materi Sistem Pernapasan dan Sistem Peredaran Darah.Downloads
References
Abidin, Z., Arizona, K., Barat, N. T., Studi, P., & Fisika, T. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2502–7069), 64. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Areani, I. sari. (2018). Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Tepat, 1(2). Diambil dari https://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/view/27
Denker, K. . (2013). Student Responses System and Facilitating the Large Lecture Basic Communication. Assessing Engagement and Learning.
Dewi, K. R. (2019). Peserta Didik di Sekolah Dasar. Kompasiana. Diambil dari https://www.kompasiana.com/ratihkurnia/5dbe7159097f362b176ab4f2/karakteristik-peserta-didik-di-sekolah-dasar?page=all.
Fitriani, Yani., D. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175. Diambil dari http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index
Haryanto, Tonny., D. (2017). Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Pembelahan Sel dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Sistem dan teknologi Informasi, 5(2). Diambil dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/19431
Husaini, M. (2019). “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Jurnal Mikrotik, 2(1). Diambil dari http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314/254.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Tentang Tujuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Mesililesi, Muhammad Iqbal., D. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA (Studi Kasus : SMA Negeri 7 Pontianak). Jurnal Sistem da Teknologi Informasistem da Teknologi Informasi, 5(2).
Mustaqim, IImawan., D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Mustaqim, I. dan N. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 37. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/324174351.pdf
Negeri, K. D. (2020). Pedoman Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Diambil dari https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/wp-content/uploads/2020/07/5.7.2-Pedoman-Masyarakat-Produktif-dan-Aman-COVID-19.pdf.
Rosa, Agmita Clara., D. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Informatika GLobal, 10(1). Diambil dari http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/view/728
Santrock. (2003). Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Saputri, Eka Fitriani, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS III SDN 015 TARAKAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1). Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/4562
Sari, W. S., Ika Novita Dewi, dan A. S. (2012). Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Panca Indra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. SEMANTIK. Diambil dari http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/62
Sofiah, R., Suhartono, & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sain Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1-18. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Keefektifan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 65–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.