Pengembangan Handout Sistem Ekskresi dengan Integrasi Nilai Islam pada Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4780Keywords:
handout, integrasi nilai islam, sistem ekskresi.Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan handout sistem ekskresi dengan integrasi nilai Islam pada siswa kelas XI. Pengembangan handout ini sebagai sumber belajar diharapkan mampu memberikan inovasi baru untuk memperkaya pengetahuan siswa dan mendukung bahan ajar lainnya. Serta mengembangkan ranah sikap spiritual dalam melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia. Handout tersebut sebagai bahan ajar alternatif yang dapat digunakan untuk belajar secara mandiri, sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan nilai spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan versi ADDIE dan mengadopsi metodologi Nada Aldoobie. Handout dikembangkan dengan Microsoft Word 2013 dan Corel draw X7 Graphic Suite. Hasil penilaian kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 82% dari ahli materi, 71% dari integrasi nilai Islam, 83% dari ahli media, 85% dari Guru Biologi dan 82% dari tanggapan siswa, sehingga jumlah rerata persentase sebesar 81% menunjukkan kriteria sangat layak, yang berarti handout sistem ekskresi sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Ahmad Syakir, Syaikh. (2012). Mukhtasar Tafsir Ibnu Katsir (Jilid 3). Jakarta: Darus sunnah Press.
Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aldoobie, Nada. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research. Nomor 6 (V). Hlm. 68-72.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Campbell. (2004). Biologi Edisi ke lima jilid III. Jakarta: Erlangga.
Chamberlain, T. J. (2000). Relized Religion; Research on Relationship Between Religion and HealthTempleton. Fondation Press, Amazon.Com
Departemen Agama RI.(2003). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung:CV. Penerbit Diponegoro.
Green, J, H,. Et al. (2002). Pengantar Fisiologi Tubuh Manusia. Tangerang : Binapura Aksara.Hasil Wawancara dengan Guru Biologi MA NUDIA Semarang, 20 Agustus2017.
Ibnu Hadjar. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Sains dan Matematika: Sebuah Gagasan. Semarang: FITK UIN Walisongo.
Ika Krisna Nandani.(2017). Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 06 Melalui Pendekatan Unity Of Sciences Materi Listrik Dinamis Untuk Sekolah Menengah Tingkat Atas Kelas XII. Skripsi. Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi.
Irsan Jaya Alkatiri. (2012). pengembangan handout berbasis kontekstual untuk pembelajaran kimia materi makromolekul sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA”.Skripsi, Yogyakarta:Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Kimball,John. (1994). Biologi Jilid 1 edisi kelima. Erlangga Jakarta.
Lickona, T. (2009). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal Of moral Education. (25). 93-100.
Listyono, K.I. Supardi, Saeful, R, Nathan, H.,(2018). Methods of integrating Islamicvalues in teaching biology for shapingattitude and character InternationalConference on Mathematics, Science andEducationICMSE 2017.
Mahfudzoh, Siti. (2011). Pengaruh Integrasi Islam dan Sains Terhadap Matematika. Jurnal Pendidikan.Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.P-38. 978 –979 –16353 –6 –3.
McGriff, Steven J. (2000). Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. College of Education, Penn State University. http://www.seas.gwu.edu/~sbraxton/ISD/general_phases.html. Diunduh tanggal 21 Januari 2018
Muhyar Fanani. (2013). Unity of Sciences sebagai paradigm keilmuan Iain Walisongo : Sebuah Bahan Diskusi, Disampaikan dalam Workshop Implementasi Desain Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Berbasis pada Unity Of Sciences, Hotel Neocandi, 27 Nopember. 2013.
Prastowo, Andi. (2011). Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.Riduwan, Sunarto. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.Bandung: Alfabeta.
Setiadi. (2007). Anatomi dan Fisiologi Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta :Rajawali Pers.
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Tegeh, I Made, et al. (2014). Model Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran : Landasan & Aplikasinya. Jakarta : Rineka.
Wulandari, Septiana et, al. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang.Jurnal Pendidikan. Pendidikan Biologi Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Malang. Vol 1. 881-884
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.