PENGEMBANGAN HANDOUT SISTEM EKSKRESI DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAM PADA SISWA KELAS XI SEMESTER II MA NUDIA SEMARANG

Alfiatur Rohmaniah, Ruswan Ruswan, Bunga Ihda

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout sistem ekskresi dengan integrasi nilai Islam pada siswa kelas XI semester II MA NUDIA Semarang. Pengembangan handout dengan integrasi nilai Islam sebagai sumber belajar diharapkan mampumemberikan inovasi baru yang dapat dijadikan suber belajar untuk memperkaya pengetahuan siswa dan mendukung bahan ajar lainnya dan penjelasan dari pendidik serta mengembangkan ranah sikap spiritual dalam melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia. Handout tersebut sebagai bahan ajar alternatif yang dapat digunakan untuk belajar secara mandiri, sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan nilai spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan versi ADDIE dan  mengadopsi metodologi yang dikembangkan oleh  Nada Aldoobie. Handout sistem ekskresi dikembangkan dengan Microsoft Word 2013 dan Corel draw X7 Graphic Suite. Hasil penilaian kelayakan para ahli menunjukkan kriteria sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dengan persentase 82% dari ahli materi, 71% dari integrasi nilai Islam, 83% dari ahli media, 85% dari Guru Biologi dan 82% dari tanggapan siswa, sehingga jumlah rerata persentase sebesar 81%  menunjukkan kriteria sangat layak yang berarti handout sistem ekskresi sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini perlu dikembangkan ke lingkup sekolah yang lain (skala besar).


Keywords


Handout; Sistem Ekskresi; integrasi nilai Islam.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syakir, Syaikh. 2012. Mukhtasar Tafsir Ibnu Katsir (Jilid 3). Jakarta: Darus sunnah Press.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aldoobie, Nada. 2015. ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research. Nomor 6 (V). Hlm. 68-72.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Campbell. 2004. Biologi Edisi ke lima jilid III. Jakarta: Erlangga.

Chamberlain, T. J. 2000. Relized Religion; Research on Relationship Between Religion and HealthTempleton. Fondation Press, Amazon.Com

Departemen Agama RI.2003. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung:CV. Penerbit Diponegoro.

Green, J, H,. Dkk. 2002. Pengantar Fisiologi Tubuh Manusia. Tangerang : Binapura Aksara.

Hasil Wawancara dengan Guru Biologi MA NUDIA Semarang, 20 Agustus 2017.

Ibnu hadjar,2017. Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Sains dan Matematika: Sebuah Gagasan. Semarang: FITK UIN Walisongo.

Ika Krisna Nandani (2017) .“ Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 06 Melalui Pendekatan Unity Of Sciences Materi Listrik Dinamis Untuk Sekolah Menengah Tingkat Atas Kelas XII”. Skripsi. Semarang: fakultas SAINSTEK.

Irsan Jaya Alkatiri (2012). pengembangan handout berbasis kontekstual untuk pembelajaran kimia materi makromolekul sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Kimball,John. 1994. Biologi Jilid 1 edisi kelima. Erlangga Jakarta.

Lickona, T. 2009. Eleven Principles of Effective Character Education. Journal Of moral Education. (25). 93-100.

Listyono, K.I. Supardi, Saeful, R, Nathan, H., (2018). Methods of integrating Islamic values in teaching biology for shaping attitude and character International Conference on Mathematics, Science and Education ICMSE 2017.

Mahfudzoh, siti. “Pengaruh Integrasi Islam dan Sains Terhadap Matematika”. Jurnal Pendidikan. Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta. 2011. P-38. 978 – 979 – 16353 – 6 – 3.

McGriff, Steven J. 2000. Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. College of Education, Penn State University. http://www.seas.gwu.edu/~sbraxton/ISD/general_phases.html. Diunduh tanggal 21 Januari 2018

Muhyar Fanani, Unity Of sciences sebagai paradigm keilmuan Iain Walisongo : Sebuah Bahan Diskusi, Disampaikan dalam Workshop Implementasi Desain Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Berbasis pada Unity Of Sciences, Hotel Neocandi, 27 Nopember. 2013.

Prastowo, Andi. 2011. BAHAN AJAR INOVATIF. Yogyakarta : DIVA Press.

Riduwan, Sunarto. 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Setiadi. 2007. Anatomi dan Fisiologi Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran : Landasan & Aplikasinya. Jakarta : Rineka.

Wulandari, septiana et, al “Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang”. Jurnal Pendidikan. Pendidikan Biologi Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Malang, 2016. Vol 1. 881-884.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.