Kunci Tadabbbur dan Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6319Keywords:
al-qur’an, dogma empiris, model integrasi, inspirasi, konfirmasiAbstract
Islam sebagai agama yang sempurna (din-al kamil) dan universal (din-asy syamil) selalu menarik dijadikan sebagai sumber inspirasi pemikiran. Hal ini karena Al-Qur’an tidak hanya mengatur aspek hubungan manusia dengan tuhannya namun juga termasuk mengatur hubungannya dengan sesama makhluk. Upaya pendekatan hubungan antara sains dan al-quran khusunya biologi adalah sebuah upaya implementasi sains dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai masyarakat yang religius. Diharapkan dengan adanya pengenalan model baru dapat memudahkan upaya integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka. Dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan tiga macam model pendekatan yaitu; Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi, Konfirmasi dan Dogma-empiris. Ketiga model pendekatan dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi.Downloads
References
Abdullah, M. Amin. (2006). Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Cet. ke-1. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Ashtankar, O. M. (2016). Islamic perspectives on environmental protection. 2(1), 438–441.
Athoilah, MA dan Irawan (2016). Trilogi Wahyu Memandu Ilmu. http://isc.uinsgd.ac.id/wp-content/uploads/2018/12/Trilogi-Wahyu-Memandu-Ilmu.pdf
Faishal (2018). Integrasi Ilmu dalam Pendidikan. Ta‟dibi: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam Volume VI Nomor 2 Th 2018
Fajari, I. A. (2016). Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Menurut Imām Al-Ghazālī. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 4(2). https://doi.org/10.21274/kontem.2016.4.2.299-316
Faruqi, Y. M. (2006). Contributions of Islamic scholars to the scientific enterprise. International Education Journal 7(4), 391–399.
Hickman, C.P., Robert, L.S., and Larson, A. (2001). Integrated Principles of Zoology. Edisi 11. McGrawHill
Hidayat, M. (2014). Pendekatan integratif-interkonektif: tinjauan paradigmatik dan implementatif dalam pembelajaran pendidikan agama islam. TA’DIB, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014. XIX (02), 276–287.
Hussain, A. (2019). Qur ’an and Science : A Study of the Compatibility of Qur’anic Verses With Modern Scientific Theories. 2(2), 42–50. DOI: https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v4i1.53
Kettani, M.A. (1976) Moslem contributions to the natural sciences. Impact of Science on Society, 26(3), 135-147.
Malik, A. H., Ziermann, J. M., & Diogo, R. (2018). An untold story in biology: the historical continuity of evolutionary ideas of Muslim scholars from the 8th century to Darwin’s time. Journal of Biological Education, 52(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/00219266.2016.1268190
Mufid, (2013), Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Equelibrium: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Indonesia Volume 1, No.1, Juni 2013
Qutub, S. (2011). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Al Qur’an Dan Hadits. Humaniora, 2(9), 1339–1350.
Sarton, G. (1927). Introduction to the History of Science, Volume 1. Washington: Carnegie Institution of Washington
Suprayogo, I (2005). Membangun Integrasi Ilmu dan Agama: Pengalaman UIN Malang. Zainal Abidin Bagir (ed)., Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan, 2005
Suryaningsih, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Sebagai Metode Untuk Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Bio Educatio, Volume 3, Nomor 1, April 2018, hlm. 22-33 ISSN: 2541-2280
Syaifuddin (2013). Integrated Twin Towers dan Islamisasi Ilmu. Jurnal PAI Vol No1 Mei 2013. Hal 2-20
Wahid, P. A. (2018). From Genomics to Biomemetics : The Quran rewrites biology The Quran rewrites biology. March, 76.
Wahid, P.A. (2016). The Quran: Scientific Exegesis, www.islamicscience.in, Adam Publishers and Distributors, New Delhi
Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA. 18–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.