Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality

Main Article Content

Meyninda Destiara
Nurul Himmah
Sari Indriyani

Abstract

LKPD merupakan bahan ajar yang terstruktur, dengan bantuan LKPD tersebut maka dapat membuat pembelajaran lebih aktif dan berfikir kreatif. Ditambah lagi LKPD yang dibuat berbasis STEM dan bantuan teknologi Augmented Reality yang inovatif, sehingga pembelajran daring  menjadi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Arthropoda berbasis STEM berteknologi Augmented Reality yang valid. Metode yang digunakan yaitu pengembangan dengan model ADDIE yang telah dimodifikasi sampai tahap development. Berdasarkan hasil validasi didapatkan LKPD dengan hasil valid dan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Destiara, M., Himmah, N., & Indriyani, S. (2021). Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6629
Section
Articles

References

Asri (Adinda), Gita Kinanthi Purnama. (2019). Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Koreografi dan Komposisi Tari I. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 14 No. 2

Destiara, M, Soendjoto M.A & Dharmono. (2018). Validitas Bahan ajar jenis ikan di sungai panjaratan pada konsep vertebrata SMA kelas X. jurnal inovasi pendidikan sains. Vol. 9 no.1

Destiara Meyninda & Hermawan Aldi. Teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajran biologi. Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas (SIBC) vol.13 no.2

Destiara, Meyninda. (2020). The Practicality of Teaching Material Biology of Islamic-Science Based on Augmented Reality. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 No. 2

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. (2020). Permendikbud Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: Kemendikbud

Kitchenham, A. (2011). Models for interdiscriplinary mobile learning: delivering information to students. Hersey PA: IGI Global.

Laurillard, D.Rethinking university teaching: a framework for the effective use of educational technology (London:Routledge)

Mulyani Tri. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019. Prosiding. Universitas Negeri Semarang.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Mustaqim, Ilmawan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 1 No. 1

Pramuji Lili, Anna Permanasari, Didit Ardianto. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis STEM pada konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal of Science Education and Practice. Vol. 2 No.1

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suhendra, Hendra. (2020). Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Dasring Pada Masa Covid-19 Di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Masters thesis. IAIN Purwokerto. Tidak dipublikasikan

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widjajanti, Endang. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. (online) (staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/ending../kualitas-lks.pdf. diakses pada tanggal 18 Oktober 2020)