UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM)

Reni Septiana, Listyono Listyono, Ismail Ismail

Abstract


Sistem Kredit Semester diselenggarakan melalui pengorganisasian pembelajaran variatif dan pengelolaan waktu belajar yang fleksibel. Pengorganisasian pembelajaran variatif melalui penyediaan unit-unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran dikenal dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri atau UKBM. UKBM merupakan hal yang baru, sehingga penerapan UKBM memberikan perubahan dalam proses belajar mengajar serta pola pikir peserta didik dan pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri mata pelajaran biologi kelas X lintas minat SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri mata pelajaran biologi kelas X lintas minat SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah sesuai dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Kekuatan dari penerapan UKBM lebih banyak dibandingkan dengan kelemahannya yaitu perencanaan pembelajaran yang baik sesuai dan memenuhi SNP serta UKMB dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kelemahan UKMB adalah peserta didik dengan kecepatan belajar lambat merasa waktu terlalu singkat. Peluang dari penerapan UKBM juga lebih banyak dibandingkan dengan ancaman sehingga keberadaan UKMB dapat terus dikembangkan untuk membantu peserta didik belajar.

Keywords


UKBM, Belajar Mandiri, Lintas Minat, Standar Nasional Pendidikan, analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan SMA. 2017a. Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA. Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017b. Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017c. Model Pengembangan RPP. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017d. Model-Model Pembelajaran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017e. Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017f. Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Gurel, Emet. 2017. Swot Analysis: A Theoritical Review. The Journal of International Social Research. 10(51):1307

Ommani, Ahmad Reza. 2011. Strengts, Weakness, Opportunities, And Threats (SWOT) Analysis For Farming System Businesses Management: Case Of Wheat Farmers Of Shadervan District, Shoushtar Township, Iran. African Journal of Bussiness Management. 5(22): 9448-9454.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Purwaningsih, Wiwit Puji. 2016. Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Menggunakan Kerangka TPACK. Artikel Ilmiah. Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana.

Seputra, Deni Crisdiana. 2017. Hubungan Pemanfaatan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pembuatan Pola Kemeja Pria Kelas Xi Di Smk Negeri 3 Purworejo. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Slamet, Rachmat, dkk. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia. 16(2).

Soewarno, Hasmana, dan Faiza. 2016. Kendala-kendala yang dihadapi Guru dalam Memaanfaatkan Media Berbasis Komputer di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah. 1(1): 21-30


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.