SMP 1 Kudus - Indonesia
BTL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika materi cahaya melalui model pembelajaran Better Teaching and Learning (BTL) bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus Tahun Pelaja- ran 2011/2012
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek peserta didik ke- las VIII G SMP 1 Kudus sejumlah 26 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan, dimana peneliti sebagai guru IPA (fisika) pada kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan Maret 2012 sampai bulan Juni 2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tin- dakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus 1 tindakan yang dilaku- kan dengan model pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar ker- ja terbimbing sedangkan pada siklus 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar kerja terbuka dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik me- lalui model pembelajaran BTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil be- lajar fisika materi cahaya bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus pada semester 2 tahun 2011/2012. Peningkatan aktivitas belajar fisika sebesar 49% dari kondisi awal 64 menjadi 94. Sedangkan Peningkatan hasil belajar fisika sebesar 22 % dari kondisi awal 72 menjadi 88.
Keywords: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaran BTL
- DBE3. 2009. Modul Pelatihan Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna 2. Jakarta: DBE3
- DBE3. 2009. Modul Pelatihan Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna 3. Jakarta: DBE3.
- Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.
- Indrawati. 2000. Model-model Pembelajaran IPA. Bandung: PPPG IPA.
- Permendiknas No 22, 23 dan 24 tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.
- Permendiknas No. 41 tahun 2007. Jakarta: Depdiknas
- Rochim, A. 2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Better Teaching and Learning (BTL) dalam Membelajarkan Alat Optik”. Tesis. PPs UNNES
- Rosmawati, 2011. “Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Be- lajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa”. Jurnal PTK DBE3. Volume Khusus/1: 49-56
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.
- Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.