BTL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA

abdul rochim*  -  SMP 1 Kudus, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika materi cahaya melalui model pembelajaran Better Teaching and Learning (BTL) bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus Tahun Pelaja- ran 2011/2012
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek peserta didik ke- las VIII G SMP 1 Kudus sejumlah 26 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan, dimana peneliti sebagai guru IPA (fisika) pada kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan Maret 2012 sampai bulan Juni 2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah penelitian tin- dakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus 1 tindakan yang dilaku- kan dengan model pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar ker- ja terbimbing sedangkan pada siklus 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar kerja terbuka dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik me- lalui model pembelajaran BTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil be- lajar fisika materi cahaya bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus pada semester 2 tahun 2011/2012. Peningkatan aktivitas belajar fisika sebesar 49% dari kondisi awal 64 menjadi 94. Sedangkan Peningkatan hasil belajar fisika sebesar 22 % dari kondisi awal 72 menjadi 88.

Keywords: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaran BTL

  1. DBE3. 2009. Modul Pelatihan Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna 2. Jakarta: DBE3
  2. DBE3. 2009. Modul Pelatihan Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna 3. Jakarta: DBE3.
  3. Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.
  4. Indrawati. 2000. Model-model Pembelajaran IPA. Bandung: PPPG IPA.
  5. Permendiknas No 22, 23 dan 24 tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.
  6. Permendiknas No. 41 tahun 2007. Jakarta: Depdiknas
  7. Rochim, A. 2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Better Teaching and Learning (BTL) dalam Membelajarkan Alat Optik”. Tesis. PPs UNNES
  8. Rosmawati, 2011. “Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Be- lajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa”. Jurnal PTK DBE3. Volume Khusus/1: 49-56
  9. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.
  10. Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps