PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA IAIN WALISONGO SEMARANG

emy siswanah*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Trigonometri merupakan pelajaran yang bersifat abstrak. Agar ma- teri yang bersifat abstrak menjadi mudah dipahami diperlukan suatu me- dia pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran trigonometri adalah media animasi. Efek animasi pada media animasi membuat media tersebut menjadi lebih menarik se- hingga mampu menarik perhatian mahasiswa. Pemanfaatan media ani- masi dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan, minat, serta meningkatkan motivasi mahasiswa. Penggunaan media animasi mampu merangsang kegiatan belajar mahasiswa, membantu keefektifan proses pembelajaran, memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang diberikan. Selain itu, penggunaan media ani- masi juga dapat menjelaskan materi yang bersifat abstrak menjadi konkret sehingga membantu mahasiswa dalam memahami pelajaran trigonometri. Hal ini berakibat pada meningkatnya hasil belajar mahasiswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan media animasi. Dengan demikian penggunaan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Tadris Matematika IAIN Walisongo Semarang.

Keywords: media animasi, trigonometri, hasil belajar

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pende-
  2. katan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
  3. Ginting, Abdurahman. 2007. Esensi Praktis Belajar dan Pem-
  4. belajaran. Bandung : Humaniora.
  5. Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Be- lajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Departemen Pendi- dikan dan Kebudayaan.
  6. Nasution, S. 2003. Metode Research. Jakarta : Bumi Aksara. Sadiman, A. S. dkk. 1996. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada.
  7. Salimyes. Download Media Pembelajaran Matematika Ber- basis Macromedia Flash. [Online]. (salimyes.blogspot. com/2009/06/download-media-pembelajaran-matemati- ka.html). Diakses pada tanggal 25 Maret 2013.
  8. Sudjana, Nana dan A. Riva’i. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  9. Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
  10. Susilana, Rudy dan Riyana, Cepy. 2008. Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan-FIP-UPI.
  11. Utami, D. 2007. Animasi dalam Pembelajaran. [Online]. (www. uny.ac.id/akademik/default.php). Diakses pada tanggal
  12. Februari 2013.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps