PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERHITUNG PERKALIAN DENGAN METODE JARIMAJIG

kristi liani purwanti*  -  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

 

Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman be- lajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga siswa memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari. Salah satu komponen yang menentukan ketercapaian kompetensi adalah penggunaan strategi pembelajaran, yang sesuai dengan (1) topik yang se- dang dibicarakan, (2)   tingkat perkembangan intelektual siswa, (3) prin- sip dan teori belajar, (4) keterlibatan aktif siswa, (5) keterkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari, dan (6) pengembangan dan pemahaman pe- nalaran matematis. Otak merupakan bagian sentral dari fungsi dasar vi- tal pada manusia. Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal). Berhitung perkalian dengan otak kanan salah satunya adalah metode jarimagic dimana perantara untuk menghi- tung perkalian menggunakan jari-jari tangan. Kemampuan mengingat, menalar, dan merasakan perbedaan sikap atau perlakuan orang lain juga berkembang dengan pesat. Anak lebih sensitif, cerdas, dan aktif secara fisik mupun psikologis. Belajar matematika dengan otak kanan lebih menarik, sebab yang selalu digunakan selama ini dengan otak kiri saja. Jika ada ke- seimbangan antara otak kanan dan otak kiri pembelajaran menjadi luar biasa.

Keywords: otak kanan, metode jarimagic, pembelajaran matematika

  1. Auliya, M. Fajar. 2012. Jarimagic Perkalian dan Pembagian. Jakarta: PT. Buku Seru
  2. Bachtiar Soeseno. 2012. Buku Pintar memahami Psikologi Anak Didik. Yogjakarta: Pinang Merah Publisher.
  3. Fazlurrachman, Haris. 2008. Monograf Bahan Ajar Gender. http://curhatpendidikan.blogspot.com/2008/07/monograf.html. (6-1-2009)
  4. Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Tips Jitu Memilih Minan Positif dan Kreatif untuk Anak Anda. Yogjakarta: DIVA Press.
  5. Muhsetyo, Gatot. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  6. Yusuf, Suhendra. Perbandingan Gender dalam Prestasi Literasi SiswaIndonesia. http://www.uninus.ac.id/PDF/Suhendra%20
  7. Yusuf%20%20Makalah%20untuk%20Jurnal%20Uninus.pdf.
  8. (20-12-2008).
  9. http://oediku.wordpress.com/2010/01/09/keuntungan-penggu- na-otak-kanan-berbanggalah-jika-engkau-bukan-pengguna- otak-kiri/ ( 25 April 2013)
  10. http://dammar-asihan.blogspot.com/2013/03/perbedaan-fungsi-
  11. otak-kanan-dan-otak.html# (25 April 2013)

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps