PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LDS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MIKROORGANISME DI VAISHNAVI SECONDARY SCHOOL NEPAL

Lukman Hakim*  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi LDS terhadap minat dan hasil belajar kognitif pada materi mikroorganisme di Vaishnavi Secondary School Nepal.  Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan pola One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Vaishnavi Secondary School yaitu pada Low Secondary School setingkat SMP dengan sampel siswa kelas 8 yang berjumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen yang diambil secara langsung melalui kepala sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang diambil berupa hasil belajar kognitif, minat belajar dan aktivitas siswa berupa observasi aktivitas siswa dan tanggapan siswa. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji N-gain dan ketuntasan klasikal 85% pada hasil belajar kognitif, angket minat belajar dan aktivitas siswa digunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil belajar kognitif siswa rerata pretest 45,43 sedangkan rerata posttest 66,78 dengan ketuntasan klasikal 85,7% sedangkan pada uji N-gain diperoleh 64,3% kategori sedang dan 35,7% kategori rendah dengan rerata peningkatan sedang sebesar 0,381. Analisis angket minat belajar rerata sebelum treatment 60,1 kategori sedang meningkat menjadi 67,37 kategori tinggi  setelah treatment. Analisis aktivitas belajar siswa dari kurang aktif dengan rerata 29,08 menjadi cukup aktif dengan rerata 47,96% kemudian mengalami peningkatan rerata 62,75% kategori aktif. Dari tanggapan siswa mengenai aktivitas siswa sejumlah 92,86% memberikan tanggapan baik dan 7,14% cukup baik. Hasil penelitian ialah penerapan pembelajaran model TGT dilengkapi LDS memberikan pengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa pada materi mikroorganisme.

Keywords: Hasil Belajar Kognitif; LDS; Minat Belajar; Model Pembelajaran TGT

  1. Agustian, R., Lapisa, R., Tech, & Fernandez, D. 2018. Penerapan Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar pada Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumbar. Automotive Engineering Education Journals. 1(1): 1-10.
  2. Amin, T.A., Yahya, M., & Caronge, M. W. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar MembiakkanTanaman Secara Vegetatif pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 4(7): 73-81.
  3. Astuti, S.P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1): 68-75.
  4. Ghalia, F., Masykuri, M., & Nurhayati, N.D. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Kartu Destinasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X MIA 3 di SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4(2): 115-121.
  5. Hamid, S., Mas’ud, A., & Ahmad,H. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa di MTs Negeri Dowora. Jurnal Bioedukasi, 2(2): 221-229.
  6. Jannah, S.R., & Leonard. 2018. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal 491-501.
  7. Kholisho, Yosi N. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidkan Informatika. Jurnal Pendidkan Informatika, 1(1): 17-23.
  8. Kusumaningrum, P.C.A., Parmiti, D.P., & Wibawa, M. Citra. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD. 2(1): 1-10.
  9. Maesaroh, S. 2013. Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. 1(1): 150-168.
  10. Marwiyah, S. 2012. Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Jurnal Falasifa. 3(1): 75-97.
  11. Muldayanti, N.D. 2013. Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1): 12-17.
  12. Nasrun, A.R. 2015. Psikologi Bealajar. Al-Fikrah: Jurnal Pendidikan Islam, 6.
  13. Nurjanah, S., & Aman. 2016. Hubungan antara Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Sejarah. 5(3): 218-242.
  14. Purnamawati, H., Ashadi, & Susilowati, E. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Kartu dan Ular Tangga Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(4): 100-108.
  15. Putrayasa, I.M., Syahruddin,H., & Margunayasa, I.G. 2014. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1): 1-11.
  16. Rifa’i, A., & Anni,C.T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3.
  17. Saoda, H., Mas’ud, A., & Ahmad, H. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa di MTs Negeri Dowora. Jurnal Bioedukasi. 2(2): 221-229.
  18. Sari, R.E.K., Hadi, S., & Prishardoyo, B. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Materi permintaan, Penawaran, dan Terbentuknya Harga Pasar). Jurnal Analisi Pendidikan Ekonomi. 1(1): 1-7.
  19. Tyasning, D.M., Haryono, Nurhayati, N.D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1): 26-33.
  20. Utami, Y.F., Widiana, R., & Sari, l.Y. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kleas VIII di MTsN 5 Kota Padang tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Biologi STKIP. 1(1): 1-10.
  21. Wahyudin, Sutikno, & Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6(1): 58-62.

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps