PROFIL KOMPETENSI 4C’S SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL READING-CONCEPT MAP-JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

ARI IVAYANTI ARDIK SHOLIKHA*  -  UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model reading-concept map-jigsaw pada materi sistem ekskresi terhadap kompetensi 4C’s siswa SMA N 2 Ungaran. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI MIPA SMA N 2 Ungaran. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Rata-rata nilai posttest kelas XI MIPA 2 adalah 80,76 dan kelas XI MIPA 3 adalah 90,21. Hasil uji independent sample t test  menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Uji n-gain dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, yang menunjukkan hasil rata-rata n-gain kelas XI MIPA 2 adalah 0,64 (sedang) dan rata-rata n-gain XI MIPA 3 adalah 0,81 (tinggi). Rata-rata nilai kuesioner keterampilan berpikir kreatif pada kelas XI MIPA 2 adalah 70,73 dan kelas XI MIPA 3 adalah 75,21. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai kuesioner kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikasi 0,008 < 0,05. Rata-rata nilai observasi keterampilan komunikasi pada kelas XI MIPA 2 adalah 74,77 dan kelas XI MIPA 3 adalah 85,53. Rata-rata nilai observasi keterampilan kolaborasi pada kelas XI MIPA 2 adalah 77,03 dan kelas XI MIPA 3 adalah 83,88. Hasil uji independent sample t test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil nilai observasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hasil ini diperkuat dengan tanggapan guru dan siswa yang memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran remap jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pembelajaran model reading-concept map-jigsaw pada materi sistem ekskresi berpengaruh terhadap kompetensi 4C’s siswa SMA N 2 Ungaran. 

Kata kunci: kompetensi 4C’s, model reading-concept map-jigsaw, sistem ekskresi.

Keywords: saintek; walisongo; phenomenon; pendidikan;biology education

  1. Aloqaili, A. S. 2011. The Relationship Between Reading Comprehension and Critical Thinking: A Theoretical Study. Journal of King Saud University-Languages and Translation, 24: 35-41.
  2. Anggis, Eka Vasia. 2016. Peran Model kooperatif Jigsaw Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 493-497.
  3. Ennis, RH. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. New Jersey: University of Illinois.
  4. Fadliyani, Muhibbuddin, dan M. A. Sarong. 2014. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Biotik, 2 (1): 17-22.
  5. Faizah, S. S. Miswadi, S. Haryani. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2): 120-128.
  6. Fitri, F. A., Y. U. Anggraito, S. Alimah. 2018. The Effectiveness of Guided Inquiry Strategy on Students’Collaborative Skill. Journal of Biology Education, 7(2): 144-150.
  7. Grace, D. M. & J. W. Gilsdorf 2004. Classroom Strategies for Improving Students’Oral Communication Skills. Journal of Accounting Education. Ed. 22. pp:165-172.
  8. Halimah, L. & V. Sukmayadi. 2019. The Role of “Jigsaw” Method in Enchancing Indonesian Prospective Teachers’Pedagogical Knowledge and Communication Skill. International Journal of Instruction, 12(2): 289-304.
  9. Halley, J., C. Heiserman, V. Felix, A. Eshleman. 2013. Students Teaching Students: A Method for Collaborative Learning. Learning Communities Research and Practice, Vol. 1, Iss. 3, Art.7. pp: 1-18.
  10. Handoko, Hendri. 2018. Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model SAVI Berbasis Discovery Learning Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal EduMa, 6(1): 85-95.
  11. Hawkins, K. T. 2012. Thinking and Reading Among College Undergraduates: An Examination of the Relationship Between Critical Thinking Skills and Voluntary Reading. Dissertation. University of Tennessee.
  12. Hermawan, P Siahaan, E Suhendi, I Kaniawati, A Samsudin, A. H. Setyadin, S. R. Hidayat. 2017. Desain Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. JPPPF-Jurnal Penelitian&Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2): 167-174.
  13. Hernawati, D. & M. Amin. 2017. Analisis Self Efficacy Mahasiswa Melalui Kemampuan Presentasi di Kelas. Education and Human Development Journal, 02 (01): 26-33.
  14. Hertiavi, M. A., L Langlang, S Khanafiyah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 6: 53-57.
  15. Hosseini, E., F. B. Khodaei, S. Sarfallah, H. R. Dolatabadi. 2012. Exploring the Relationship Between Critical Thinking, Reading Comprehension, and Reading Strategies of English University Students. World Applied Sciences Journal, 17(10): 1356-1364.
  16. Indriwati, S. E., H. Susilo, I. M. S. Hermawan. 2019. Improving Students’ Motivation and Collaborative Skills Through Remap Jigsaw Learning Combined with Modelling Activities. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2): 177-184.
  17. Insyasiska, D., S Zubaidah, H Susilo. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1): 9-21.
  18. Karacop, A. & E. H. Diken. 2017. The Effect of Jigsaw Technique Based on Cooperative Learning on Prospective Science Teachers’ Science Process Skill. Journal of Education and Practice, 8(6): 86-97.
  19. Karadeniz, Abdulkerim. 2015. An Examination of Critical Reading Self-efficacy Perceptions Among the Students of the Faculty of Education Over Different Variables. Anthropologist, 22(2): 167-175.
  20. Khodadady, E & Ghanizaedah, A. 2011. The Impact of Concept Mapping on EFL Learners’Critical Thinking Ability. English Language, 9: 77-84.
  21. Kohzadi, H., F. Azizmohammadi, F. Samadi. 2014. Is There A Relationship Between Critical Thinking and Critical Reading Of Literary Text: A Case Study at Arak University (Iran). International Letters of Social and Humanistic Science. Vol 33. Page: 63-76.
  22. Komara, Endang. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports and Health Education, 4(1)1: 17-26.
  23. Mitasari, Z. & N. A. Prasetiyo. 2016. Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel Melalui Lesson Study untuk Mmeningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Komunikasi. Jurnal BIOEDUKATIKA, 4(1): 11-14.
  24. Mufida, R. H., S Mahanal, S Zubaidah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Reading-Concept Map-Student Team Achievement Division pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA. Vol 2. Prosiding Seminar Pendidikan MIPA Pascasarjana UM.
  25. Mustikawati, S. M. E. Susilowati, R. S. Iswari. 2018. Analysis of Students’ Knowledge Mastery and Oral Communication Through the Implementation of Think-Pair-Share Model. Journal of Biology Education, 7(2): 159-166.
  26. Muthi’ah, A., Y Anwar, L M Santoso. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Sosial di Sekolah Mengengah Atas. Jurnal EDUSAINS, 10(1): 58-64.
  27. National Education Association. Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs”. Pages: 1-37.
  28. Novak, J. D & Canas, J. A. 2008. The Theory Underlying Concepts Maps and How to Construct and Use Them. Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008.
  29. Nurnawati, E., D Yulianti, H Susanto. 2012. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 1-7.
  30. P21 (Partnership for 21st Century Learning). 2007. Framework for 21st Century Learning. Washington DC: Partnership for 21st Century Skills.
  31. Pangestuti, Ardian Anjar. Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasisi Remap STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal EDUBIOTIK, 2(1): 13-22.
  32. Pranyandari, N. M., I G A O Negara, I W R Suardika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
  33. Purwaningsih, I., S Mahanal, T I Prasetyo, S Zubaidah. 2017. Pengaruh Model Pembelajara Biologi Reading-Concept Map-Numbered Heads Together dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 10 Malang. Prosiding Senimar Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol. 2.
  34. Purwatiningsih, Siti. 2009. Penigkatan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X.1 SMA N 2 Salatiga Melalui Metode Proyek dengan Penilaian Presentasi dan Poster. Lembaran Ilmu Pendidikan, Jilid 38 (1): 40-52.
  35. Ramadhan, F., S. Mahanal, S. Zubaidah. 2016. Potensi Remap STAD (Reading Concept Mapping Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 203-208.
  36. Ratnawati, L., S. Zubaidah, A. D. Corebima. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Jigsaw terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Symbion Jurnal (Symposium on Biology Education). Hlm: 158-165.
  37. Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
  38. Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Bandung: Nusa Media.
  39. Sukaedi. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode Presentasi dan Diskusi Kelompok (Siswa Kelas III SDN Candijati Arjasa). Jurnal Pancaran, 5(4): 21-30.
  40. Suratno. 2010. Memberdayakan Keterampilan Metakognisi Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw-Reciprocal Teaching (JIRAT). Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2): 150-156.
  41. Susanto, R. D. dan L. H. Susarno. 2014. Evaluasi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Mata Pelajaran Biologi Pada Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Jombang, 1(1): 1-9.
  42. Tendrita, M., S. Mahanal, S. Zubaidah. 2016. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 13(1):285-291.
  43. Trilling B. & C. Fadel. 2009. 21st Century Skills (Learning For Life in Our Times). San Francisco: Jossey-Bass A Wilwy Imprint.
  44. University of Baltimore. Assessment Rubrics for Communication: Oral Communication Skills yang tersedia di http://www.ubalt.edu/merrick/student-resources/rubrics.cfm
  45. Wang, Amber Yayin. 2012. Exploring the Relationship of Creative Thinking to Reading and Writing. Thinking Skill and Creativity, 7: 38-47.
  46. Zubaidah, S., Duran Corebima A., S. Mahanal. 2018. Revealing the Relationship Between Reading Interest and Critical Thinking Skills Through Remap GI and Remap Jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2): 41-56.
  47. Zubaidah, Siti. 2014. Pemberdayaan Keterampilan Penemuan Dalam Scientific Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Prosiding Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps