Fakultas Saintek UIN Walisongo - Indonesia
ORIENTASI LIFE SKIL DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN SETS (Science Environment Technology & Society) PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR & MENENGAH
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah se- buah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Per- aturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya dis- erahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. Basis dari kurikulum ini adalah kompetensi yang ha- rus dikuasai oleh siswa. Kompetensi merupakan pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak.
Keywords: life skill, SETS
- Binadja, Achmad (2001) Pendidikan Berwawasan SETS (Sci- ense, Environment,Technology, and Society) Dalam Man- agemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Makalah disajikan dalam seminar, Guntur, Purwodadi 22 November 2000.
- Binadja, Achmad (2002). Pendidikan Bervisi SETS (Science, En- vironment, Technology and Society) Implikasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Pendidikan Dasar dan Menen- gah. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Berbasis Kompetensi UNNES Semarang 27 Februari 2002.
- Puskur, Balitbang,Depdiknas (2002) Kurikulum Berbasis Kom- petensi.
- Listyono, (2003) Model Pembelajaran Penemuan Konsep Dalam Meningkatkan Aktifitas Dengan Pendekatan SETS bervisi Qur’an dan Hadist.
- Swara Ditpertais: No. 17 Th. II, 18 Oktober 2004, Pengembangan
- Kurikulum Berbasis Kompetensi
- I Made Alit Mariana,Eddy Hidayat (2000). Hakekat Pendekatan
- SETS dalam Pembelajaran Sains. Bandung : PPG IPA.
- Nicholas, J (19995). Learning And Skills. London and New York
- : Longman.
- Novak,D. And Gowin (1986). Learning How To Learn. Sydney : Departement of Education New York State College of Ag- riculture and Life Sciences Cornell University.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.