Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Efficacy


(*) Corresponding Author

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan representasi matematis siswa SMP ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang di ambil adalah 3 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kaliwungu semester gasal tahun ajaran 2020/2021 yang masing-masing mempunyai self efficacy tinggi, self efficacy sedang, dan self efficacy rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan skala self efficacy, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes kemampuan representasi dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis dengan memperhatikan self efficacy yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa subjek dengan self efficacy tinggi juga memiliki kemampuan representasi tinggi. Subjek dengan self efficacy sedang juga memiliki kemampuan representasi sedang. Subjek dengan self efficacy rendah juga memiliki kemampuan representasi rendah.

ABSTRACT

This study aims to determine the profile of the mathematical representation ability of junior high school students in terms of self-efficacy. The type of this research is descriptive qualitative. The subjects were 3 grade IX students at SMP Negeri 2 Kaliwungu in the odd semester of the 2020/2021 school year, each of whom had high self-efficacy, moderate self-efficacy, and low self-efficacy. Data collection was carried out using a self-efficacy scale, written tests, interviews, and documentation. The data analysis technique was executed in 3 stages, namely data reduction, data presentation, drawing conclusions / verification. The validity of the data used triangulation method, by comparing the results of the representation ability test with the results of the interview. The analysis is developed based on the indicator of mathematical representation ability by paying attention to the owned self-efficacy. Based on the results of the analysis, it is known that subject with high self-efficacy also has high representation abilities. Subject with moderate self-efficacy also has moderate representation abilities. Subject with low self-efficacy also has low representation skills.

Keywords: the mathematical representation; self efficacy

  1. Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press
  2. Annajm. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra di SMP N 25 Pekanbaru. JurnalIlmiah Edu Research, Vol. 5 No. 2.
  3. Armadan,dkk. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele di Materi Segiempat Kelas VIII SMP Negeri 1
  4. Indralaya Utara. Jurnal eternal, Vol.3 No.1.
  5. Hendriana, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
  6. Herdiman, dkk. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Cimahi: Jurnal Elemen, Vol.4 No.2 eISSN: 2442-4226
  7. Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M.R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka. Universitas Singaperbangsa Karawang: Jurnal ilmiah Solusi Vol. 1 No. 4
  8. Meleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
  9. Miles, Mathew B., Huberman, Michael A. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), Terjemahan
  10. Mukhid, Abd. SELF-EFFICACY (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Jurnal Pendidikan Islam: Tadris, Vol. 4 No.1
  11. Nadia dkk. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. Semarang: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (2) (2017) 242 – 250.
  12. Pratiwi, dkk. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Menyelesaikan Soal Segi Empat ditinjau dari Self-Efficacy di Madrasah Tsanawiyah. Universitas
  13. Tanjungpura.
  14. Rhohmah dkk. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta : SOSIOHUMANIORA - Vol.4, No.1.
  15. Subaidi, Agus. (2016). Self Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Universitas Madura: Sigma. Volume 1 No. 2. E-ISSN: 2684-7698, P ISSN: 2502-0919.
  16. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA
  17. Zubaidah Amir, dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo, Yogyakarta.E-Book: ISBN 978-602-6791-13-9.

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps