PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES

saminanto saminanto*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Kemampuan pemahaman konsep matematis selama ini masih ditinjau dari kemampuan berfikir secara keseluruhan. Setiap orang memiliki kemampuan berfikir ditinjau dari multiple intelligences. Artikel ini akan menunjukan pemetaan kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan multiple intelligences sesuai teori Gardner. Metode kualitatif deskriptif digunakan guna mengambil subjek para siswa kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Kendal. Data diperoleh menggunakan teknik tes dan wawancara. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Tipe Multiple Intelligences logis matematis lebih unggul dibanding Tipe Multiple Intelligences lain. Hal ini disebabkan karena karakteristik Tipe Multiple Intelligences logis matematis mendukung kemampuannya dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Tipe Multiple Intelligences visual-spasial, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal memiliki kemampuan pemahaman konsep yang rendah karena karakteristik yang dimiliki ketiga Tipe Multiple Intelligences ini tidak mendukung kemampuannya dalam memecahkan masalah yang membutuhkan pemahaman konsep matematis.

Keywords: pemahaman konsep; multipel intelegensi

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps