Integrasi Pendidikan Karakter dalam Buku Saku Digital Berbasis Android Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Herkulanus Yulius*  -  IKIP-PGRI PONTIANAK, Indonesia
Ichsan Ichsan    -  IKIP-PGRI PONTIANAK, Indonesia
Hodiyanto Hodiyanto    -  IKIP-PGRI PONTIANAK, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam buku saku digital berbasis android pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 11 Pontianak yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model rancangan 4-D oleh thiagarajan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop saja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi buku saku sebesar 88,89% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon guru terhadap kepraktisan buku saku sebesar 70% dengan kriteria praktis, sedangkan hasil angket respon siswa sebesar 77% dengan kriteria praktis. Dan hasil keefektifan buku saku berdasarkan soal posttest bermuatan pendidikan karakter diperoleh keefektifan sebesar 100% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan buku saku dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Buku saku digital, Pengembangan.
  1. Abdulah, M. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.
  2. Ami, M.S., Raharjo, dan Susantini, E. (2012). Pengembangan Buku Suku Materi Sistem Eksresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal UNESA, 1(2), 10-13.
  3. Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. As’ari A.R., dkk. (2017). Matematika Jilid 1 untuk SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Budiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Surakarta: UNS Pers.
  6. Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 185-199.
  7. Darma, Y. dkk. (2017). Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) Dalam Membentuk Karakter Penerus Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGRI 2017, 469-472.
  8. Hariyanto, dan Samani, M. (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Haviz, M. (2013). Research And Development. Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif, dan Bermakna, (1), 28-43.
  10. Hendriana, R., dan Sumarmo. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
  11. Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
  12. Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2), 24-40.
  13. Lestari, K.E., dan Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
  14. Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Pontianak: Gadja Mada Universit Press.
  15. Nurmala, dkk. (2019). Desain Pengembangan Buku Saku Digital Matematika Smp Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 6(2).
  16. Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variable-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  17. Sudjana dan Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.
  18. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  20. Tim Pendidikan Karakter Ditjen Dikti. (2011). Naskah Akademik Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi.
  21. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT BUMI AKSARA.
  22. Widodo, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma N 1 Jetis Pada Materi Pokok Keseimbangan Benda Tegar. E-Journal Pendidikan Fisika, 6(2), 147-154.
  23. Winarti, P. (2017). Pengembangan Buku Saku Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Materi Kubus Pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Skripsi IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Open Access Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps