PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PQ4R BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT

Hernnie Rahayu, Sri Hartati*  -  PGSD UNNES, Indonesia

(*) Corresponding Author
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui strategi belajar PQ4R dengan media powerpoint. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SD Tunas Harum Bangsa Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat skor 27 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus III dengan skor 31 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 20,58 dengan kategori baik, pada siklus II mendapat skor 24,5 dengan kategori baik, meningkat menjadi 31,2 pada siklus III dengan kategori baik, (3) respon siswa pada siklus I sebesar 83,95% dengan kategori respon sangat positif, pada siklus II respon siswa sebesar 90,59%,  meningkat pada siklus III dengan respon 100% dengan kategori respon sangat positif, (4)  hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 57,1% dengan kategori kurang, siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 71,4% dengan kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 92,85% dengan kategori sangat baik dari jumlah siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah melalui strategi belajar PQ4R dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa.

Keywords: IPA; kualitas; pembelajaran; powerpoint; PQ4R

  1. Alkash, Kheira Altaher Musa; Al-Dersi, Zamzam Emhemmad Mari. 2013. Advantages of Using PowerPoint Presentation in EFL Classroom & the Status of its Use in Sebha University. Tersedia http://eltsjournal.org/upload/2014-05-13%2017-46-59F.pdf (21 Januari 2015)
  2. Arief, Manzoor H; Bibi, Ruqia. 2011. Effect of PQ4R Study Strategy in Scholastic Achievement of Secondary School Students in Punjab (Pakistan). Tersedia di http://www.languageinindia.com/dec2011/ruquiabibischolasticfinal.pdf (21 Januari 2015)
  3. Arrends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. Mc Graw-Hill.
  4. Budiono, Yoyok. 2012. Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Pembelajaran Membaca di SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Universitas Malang. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel6BA250226CC601FF05824EA02F530B0C.pdf (21 Januari 2015)
  5. Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa Studio
  6. Fauzie, Ahmad. 2011. Peningkatan Pemahaman Wacana Argumentasi Melalui Penerapan Strategi PQ4R. Tersedia dihttp: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21749/1/AHMAD%20FAUZIE-FITK.pdf (21 Januari 2015)
  7. Hartanto, Iwan. 2009. Penggunaan Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 Pokok Bahasan Pendudukan Militer Jepang Di Indonesia Sma Negeri 1 Gringsing. Jurnal unnes. Tersedia di http://lib.unnes.ac.id/2362/ (21 Januari 2015)
  8. Hopkins, David. 2011. A Teacher’s Guide To CLASSROOM RESEARCH. Edisi ke-4. (diterjemahkan oleh: Achmad Fawaid) Yogyakarta: Pustaka pelajar
  9. Idris dan Marno. 2008. Strategi,dan MetodePengajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
  10. Johnson D.W.,Johnson R.T.1994. Coope-rative, Competitive, Individu-alistic Learning. Fourth Editi-on. Needham Heights: Allyn and Bacon.
  11. Khanifatul. 2013. Pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  12. Munadi,Yudhi.2013. Media Pembela-jaran. Jakarta Selatan :GP Press Group
  13. Novriansyah, Brenny. 2013. Penerapan Strategi “PQ4R” dan Portofolio pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas XI Bahasa MAN I Model Bengkulu. Tersedia http://bengkulu.kemenag.go.id/file/file/Dokumen/txql1391652242.pdf (21 Januari 2015)
  14. Nugroho, Rizki Multianto. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI E-1 Semester Gasal 2012/2013 SMAN 2 Malang. Tersedia di http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=58570 (21 Januari 2015)
  15. Omoteso, B. A.; Sadiku, F. A. 2013. Effectiveness Of PQ4R Study Technique On Performance Of Students In Chemistry.. Tersedia http://www.ajol.info/index.php/ifep/article/view/91281(21 Januari 2015)
  16. Sprenger, Marilee. 2011. Cara Mengajar Agar tetap Ingat. Jakarta: Erlangga
  17. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
  18. Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Maulana
  19. Tampunolon, Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga
  20. Usman, Moh. Uzer. 2011. Menjadi guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  21. Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps