Pelatihan Membaca Al-Quran dengan Metode Tahsin Tilawah untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang

Authors

  • Firmansyah Firmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mukti Ali Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Romli Romli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10844

Keywords:

Reading the Quran, tahsin tilawah, tajwid.

Abstract

These community service activities were held on March 14-31, 2021, which were attended by 20 participants who joined the tahfidz program under the auspices of Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) and several students of Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Muhammadiyah 1 Palembang High School. This training is carried out based on the needs of partners related to the evaluation of the implementation of the tahfidz program, namely the lack of attention of students to the quality Quran readings in memorized letters. To get maximum results, this training is done by participatory methods with service learning models. This training activity runs well and smoothly by the stages arranged in the schedule of implementation of activities. This is evident from the achievement of the training objectives and the enthusiasm and activeness of participants in training activities. The results achieved through this training are very significant towards increasing the knowledge and skills of participants in reading the Quran by tajwid rules, as well as increased motivation in memorizing the Quran by paying attention to the quality of Quran readings.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 14-31 Maret 2021, yang diikuti oleh 20 peserta yang tergabung dalam program tahfidz di bawah naungan Bidang Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) dan beberapa siswa Pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Pelatihan ini dilakasanakan atas dasar kebutuhan mitra terkait dengan evaluasi pelaksanaan program tahfidz, yaitu kurangnya perhatian siswa terhadap kualitas bacaan Al-Quran pada surat-surat yang telah dihafal. Untuk menadapatkan hasil yang maksimal, pelatihan ini dilakukan dengan metode partisipatoris dengan model service learning. Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tahapan-tahapan yang disusun dalam jadwal pelaksanaan kegiatan. Hal ini terlihat dari ketercapaian terhadap tujuan pelatihan dan antusiasme serta keaktifan peserta dalam kegiatan pelatihan. Hasil yang dicapai melalui pelatihan ini sangat signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid, serta peningkatan motivasi dalam menghafal Al-Quran dengan memperhatikan kualitas bacaan Al-Quran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin Saleh, Firman. 2006. Sejukkan Hatimu Dengan Al-Qur’an: Belajar Tahsin Tilawah Dengan Talaqqi. Bandung: AWQAT Publishing.

Akbar, Doni. 2019. “Pengaruh Rutinitas Membaca Alquran Sebelum Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains 8, no. 1: 41–46. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v8i1.4227.

Al-Makky, Hisyam bin Mahrus Ali. 2013. Bimbingan Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Solo: Zamzam.

Arfina, Angga, Yureya Nita, and Khairiyati. 2019. “Pengaruh Membaca Al-Quran Terhadap Kecemasan Pada Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Khusnul Khotimah Pekanbaru.” Healthcare: Jurnal Kesehatan 8, no. 1: 49–53. https://jurnal.payungnegeri.ac.id/index.php/healthcare/article/view/41.

Basa’ad, Tazkiyah. 2016. “Membudayakan Pendidikan Al-Qur’an.” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad 6, no. 2: 594–99. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/428.

Batubara, Fakhrurroji, Tuty Alawiyah, and Zulkarnaen Guchi. 2020. “Pengaruh Metode Tahsin Tilawah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swadaya Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Riset (J-PARIS) 1, no. 1: 57–68. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jparis/article/view/3298.

Chusnia, Anisaul, Sunarko, Bambang Sarwono, and Sunarmi. 2018. “Efektifitas Terapi Musik Klasik Mozart Dan Terapi Murotal Surah Ar-Rahman Terhadap Penurunan Tingkat Stres Akademik Remaja.” Jurnal Keperawatan Mersi 7, no. 4: 13–18. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jkm/article/view/5831.

Darabinia, Morteza, Ali Morad Heidari Gorji, and Mohammad Ali Afzali. 2017. “The Effect of The Quran Recitation on Mental Health of The Iranian Medical Staff.” Journal of Nursing Education and Practice 7, no. 11: 30–36. https://doi.org/10.5430/jnep.v7n11p30.

Darwin. 2018. “Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Dan Tahsin Terhadap Hasil Belajar Al-Quran (Studi Kasus Pada Siswa Madrasah Aliyah Negri 1 Kendari Sulawesi Tenggara).” Fikratuna 9: 82–91. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/FT/article/view/685.

Firmansyah. 2020. “Pendampingan Penyusunan Silabus Pengajian Majelis Taklim At-Taqwa Desa Muara Batun Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri 4, no. 1: 54–62. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i1.568.

Indah Fitriani, Della, and Fitroh Hayati. 2020. “Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5, no. 1: 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227.

Irawati, Popy, and Mega Sri Lestari. 2017. “Pengaruh Membaca Alquran Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Klien Dengan Hipertensi Di RSK Dr. Sitanala Tangerang.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia [JIKI] 1, no. 1: 35–45. https://doi.org/10.31000/jiki.v1i1.281.

Leu, Baktiar. 2020. “Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Quran Untuk Pembaca Pemula.” Ilmuna 2, no. 2: 134–54. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/159.

Majid Khon, Abdul. 2008. Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim Dari Hafash. Jakarta: Amzah.

Muamanah, Siti. 2018. “Peningkatan Kemampuan Santri Membaca Al-Quran Melalui Pendekatan Ilmu Tajwid Buku Standar Tajwid Bacaan Al-Quran Karangan Maftuh Basthul Birri (Studi Di Pondok Pesantren Ittihadut Tholibin Wonosobo).” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1: 117–27. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.182.

Mujahidin, Endin, Ahmad Daudin, Imam Ikhsan Nurkholis, and Wahyudin Ismail. 2020. “Tahsin Al-Qur’an Untuk Orang Dewasa Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14, no. 1: 26–31. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216.

Muslimah, Siti, Dedih Surana, and Ikin Asikin. 2018. “Analisis Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Qur’an Dengan Metode Maqdis Untuk Meningkatkan Bacaan Yang Baik Dan Benar Sesuai Tajwid Di Ma’had Al-Qur’an Dan Dirasah Islamiyah.” Prosiding Pendidikan Agama Islam 4, no. 1: 33–39. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/9694.

Nugraheni, Dian, Moh. Iqbal Mabruri, and Sugiyarta Stanislaus. 2018. “Efektivitas Membaca Al-Qur’an Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kebumen.” Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah 10, no. 1: 59–71. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI/article/view/17386.

Omar, Najmiah binti, Nor Hafizi bin Yusof, Fatimah Zaharah Ismail, and Wan Fajrulhisyam bin Wan Abdullah. 2020. “Kesalahan Bacaan Al-Quran Dalam Tilawah Al-Quran Dan Kriteria Evaluasi.” Tamaddun 21, no. 1: 115–26. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1383.

Rosmayati, Siti, Arman Maulana, and Boy Arief Rochman. 2020. “Pengaruh Tradisi Membaca Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MA Al-Hidayah.” AJIQS 2, no. 2: 437–52. http://jurnal.staialfalah.ac.id/index.php/sya/article/view/43.

Setyowati, Endah, and Alviani Permata. 2018. “Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat.” Bakti Budaya 1, no. 2: 143–92. https://doi.org/10.22146/bb.41076.

Siska, Deassy, and Cut Fadillah. 2016. “Sistem Pendeteksi Pola Tajwid Al-Qur’an Hukum Idgram Bi-Ghunnah Dan Bila Ghunnah Pada Citra Menggunakan Metode Nei and Li.” TECHSI: Teknik Informatika 8, no. 1: 205–14. https://ojs.unimal.ac.id/index.php/techsi/article/view/127.

Siti, Aisyah. 2020. “Literasi Al-Qur’an Dalam Mempertahankan Survivalitas Spritulitas Umat.” Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan 4, no. 1: 203–28. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3960.

Suherman. 2017. “Pengaruh Kemampuan Membaca Alqur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Medan.” Jurnal ANSIRU PAI: Jurnal Perkembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 1, no. 2: 1–7. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/1012.

Sukron. 2018. “Perbedaan Efektvitas Terapi Musik Klasik Dan Terapi Murrotal Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Bedah Mayor.” Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan 9, no. 1: 1–15. https://jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id/index.php/Kep/article/view/115.

Syamsudduha, St. Syamsudduha St., and Nurjannah Yunus Tekeng. 2017. “Penerapan Service Learning Dalam Pembelajaran Matakuliah Pedagogik Pada Kurikulum Pendidikan Calon Guru.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 20, no. 1: 1–17. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a1.

Yudhani, Eri, Veni Suharti, Annisa Adya, and Eliza Sutri Utami. 2017. “Efektivitas Membaca Dan Mentadabburi Al-Quran Dalam Menurunkan Kecemasan Siswa Yang Akan Menghadapi Ujian Sekolah.” Jurnal Psikoislamedia 2, no. April: 23–31. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/1821.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles