Peningkatan Mutu Pengabdian melalui In-Tray Training di “Rumah Pengabdian” UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Authors

  • Aep Kusnawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sitta Resmiati Muslimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fathya Zulva Fadlilah Salma UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10876

Keywords:

Mutu Pengabdian, Rumah Pengabdian, in-Tray Training

Abstract

Efforts to improve the quality of community service are essential. Apart from the fact that community service is part of the Tri Dharma of Higher Education, it is also one of the measures for Higher Education regarding its existence in the community. Efforts to improve the quality of community service are now being pursued by the Center for Community Service (PkM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, among others, through the "House of Service" pilot. In the "House of Service," the In Tray-Training of the servants is organized. The purpose of this discussion is to find out how the In-Tray Training activities are related to efforts to improve the quality of service. This discussion also uses the In-Tray Training method. The results show several improvements, among others: First, it offers an increase in the enthusiasm for service among the academic community of UIN Bandung. Second, the service house is a vehicle for meeting the service activist lecturers to hold in-tray training to exchange thoughts, ideas, methodologies, and service experiences and synergize various programs and steps of UIN SGD Bandung servants. To encourage servants in multiple faculties and study programs to synergize more, collaborate, complement each other, and give birth to innovation and form a distinction of different models and methods of service of UIN Bandung. Third, various community service activities carried out by the academic community of UIN SGD Bandung have also been successfully documented in an archived and publicized UIN Sunan Gunung Djati Bandung Community Service Profile book.

 

Upaya peningkatan mutu pengabdian merupakan sesuatu yang penting. Selain karena Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, ia juga menjadi salah satu ukuran bagi Perguruan Tinggi mengenai eksistensinya di tengah masyarakat. Upaya peningkatan mutu pengabdian itu, kini diupayakan oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, antara lain melalui rintisan “Rumah Pengabdian”. Pada “Rumah Pengabdian” tersebut diselenggarakan In Tray-Training para pengabdi. Tujuan dari pembahasan ini, adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan In-Tray Training tersebut kaitannya dengan upaya peningkatan mutu pengabdian. Pembahasan ini juga menggunakan metode In-Tray Training. Hasilnya menunjukkan adanya beberapa peningkatan, antara lain: Pertama, Menampakkan peningkatan kegairahan mengabdi dikalangan para civitas akademika UIN Bandung. Kedua, keberadaan rumah pengabdian sebagai wahana bertemunya para dosen pegiat pengabdian melangsungkan in-tray training untuk saling bertukar pikiran, gagasan, metodologi, pengalaman pengabdian serta mensinergikan berbagai program dan gerak langkah para pengabdi UIN SGD Bandung. Sehingga mendorong para pengabdi di berbagai fakultas dan prodi lebih bersinergi, bisa berkolaborasi, saling mengisi dan melahirkan inovasi dan membentuk distingsi ragam model dan metode pengabdian UIN Bandung. Ketiga, Berbagai kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh civitas akademika UIN SGD Bandung juga berhasil didokumentasikan menjadi buku Profile Pengabdi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terarsipkan dan terpublikasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmayanti, (2018), “Jenis-jenis metode Pelatihan yang Interaktif” https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/8635.

Istiqomah, Inuk Wahyuni dan Mahenfra, Angga Martha, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Inovasi Pengolahan Singkong dan Opak sebagai upaya Pengembangan Produk Unggulan di Desa Bleberan Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Vol. 3, No.1, Mei, 2022

Kemenag RI, (2018). Regulasi Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Jakarta: Direktorat PTKI

Kusnawan, Aep (2007), Manajemen Pelatihan Dakwah, Jakarta: Rineka Cipta.

_____ (2021), Profil Pengabdi UIN SGD Bandung, Bandung: LP2M UIN SGD Bandung

Fuadi, Tuti Marjan dan Aswita, Dian, “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh”, Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 5, No. 2, Juli 2021.

Imbrahim, Maznah, “Service-Learning:Mengungkap Definisi untuk Pembelajaran Abad 21” Malim: Jurnal Pengajian Umum Asia Tenggara, Vol. 19, N0. 1, 2018.

Lindarto, D, “Partisipasi Masyarakat dalam Penggunaan Teknik Biopori untuk Mengendalikan Banir Kota” Nalars: Jurnal Arsitektur, No. 17, No. 02, 2018.

Noor, Munawar, Pengabdian Masyarakat, Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume I, No 2, Juli 2011

Nugraha, Satya Budi, “Pemetaan Potensi Desa Ngesrepbalong Berbasis Masyarakat”, DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama dan Pemberdayaan, Volume 21 Nomor, 2, Oktober, 2021

Rahmat, Abdul, “Model Participation Action Reseach dalam pemberdayaan Masyarakat” Aksara: Jurnal Pendidikan Non Formal, Vol 06, No.01, 2020

Ronawati,”Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia”, Jurnal Filsafat Indonesia Volume 4, No. 2, 2021

Selasih, Dini, “Pendekatan ABCD (Asset Based Community Depelopment): Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Telor Asin di Desa Marikangen” Etos: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.03,no.2, 2021

Shalahudin, Nadir, dkk (2015), Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya: LP2M.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles