Integrasi Teori dan Praktik Ilmu Falak dengan Media al-Murobba’ di Pondok Pesantren al-Firdaus YPMI

M. Ihtirozun Ni'am*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia
Fika Afhamul Fuscha  -  Universitas Islam Negeri Walisongo,, Indonesia

(*) Corresponding Author

Lately, the study of astronomy in Islamic boarding schools has been less attractive. One factor is the lack of media or instruments to support astronomy learning, one of which is at the Al-Firdaus YPMI Islamic Boarding School. This service aims to integrate theory and practice in astronomy through al-Murobba' media. This study uses the Asset Based Community Development (ABCD) method, which is to develop astronomical scientific assets that are owned by the Al-Firdaus YPMI Islamic Boarding School. Service results show that integrating theory and practice in learning astronomy using al-Murabba' can improve cognitive, psychomotor, and affective aspects. This can be seen from the participants' pre-test and post-test results.

Akhir-akhir ini kajian ilmu falak di pesantren kurang diminati. Salah satu faktornya adalah kurangnya media atau instrumen untuk mendukung pembelajaran ilmu falak, salah satunya di Pondok Pesantren Al-Firdaus YPMI. Pengabdian ini bertujuan untuk mengintegrasikan teori dan praktik dalam ilmu falak melalui media al-Murobba'. Penelitian ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD), yaitu mengembangkan aset keilmuan astronomi yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Al-Firdaus YPMI. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengintegrasian teori dan praktik dalam pembelajaran astronomi menggunakan al-Murabba' dapat meningkatkan aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test para peserta.

Keywords: Integrasi Teori dan Praktik; Ilmu Falak; Al-Murobba’

  1. Chamami, M. R., Nurkhanif, M., Syakur, M., & Rosyida, H. (2020). Revitalization of Kitab Kuning at Boarding School in Indonesia Based on Unity of Sciences. ICON-ISHIC 2020: Proceedings of the First International Conference on Islamic History and Civilization, ICON-ISHIC 2020, 14 October, Semarang, Indonesia, 70.
  2. Elizabeth, M. Z. (2017). Program Pengelolaan Kebersihan Lingkungan di Pesantren. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 17(1), 153. https://doi.org/10.21580/dms.2017.171.1510
  3. Hosen, H. (2020). Re-Existence of Astronomy By the Archipelago Scholar. Al-Hilal: Journal of Islamic Astronomy, 2(1). https://doi.org/10.21580/al-hilal.2020.2.1.5736
  4. Irwansyah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tematik pada Mata Kuliah Ilmu Falak di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Al-Washliyah. Hibrul Ulama : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keislaman, Vol. 02(02).
  5. Jayusman. (2014). Pemikiran Ilmu Falak Kyai Noor Ahmad SS. Ahkam, 2(1). https://doi.org/10.21274/ahkam.2014.2.1.20-49
  6. Khazin, M. (2004). Ilmu falak dalam teori dan praktik: perhitungan arah kiblat, waktu shalat, awal bulan dan gerhana. Buana pustaka.
  7. Kholilah, F. (2016). PENGEMBANGAN ILMU FALAK DI PONDOK PESANTREN (Analisis Metode Pengembangan Ilmu Falak di Pondok Pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Timur). UIN Walisongo Semarang.
  8. Mughits, A. (2016). Kajian Ilmu Falak di Pesantren Salaf di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, 50.
  9. Muslem. (2021). Problema Santri dalam Pembelajaran Ilmu Falak di Dayah Darul Falah Kecamatan Syatalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Al-Ilmu: Jurnal Keagamaan dan Ilmu Sosial, 6(1).
  10. Ni’am, M. I. (2021). Al-Murobba’: Inovasi Alat Multifungsi. Mutiara Aksara.
  11. Ni’mah, C. (2020). Urgensi Pembelajaran Matematika dalam Menyiapkan Kompetensi Kognitif Santri Pondok Pesantren. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
  12. Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Al-Marshad : Jurnal Astronomi Dan Ilmu-ilmu Berkaitan, 02.
  13. Qulub, S. T. (2018). Integrasi Astronomi dalam Ilmu Falak di PTAI dan Pondok Pesantren. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam, 21(2), 296–318. https://doi.org/10.15642/alqanun.2018.21.2.296-318
  14. Shofiyullah. (2018). Analisis Pemikiran Muhammad Mansur dalam Hisab Awal Bulan Kamariah. Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies, III(2).
  15. Wahyu, W., Rustaman, N. Y., Liliasari, & Achmad, S. (2008). Perkuliahan Terintegrasi Praktikum Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Dasar (Practical Integrated Lecture as Effort to Improve The Mastery of Concept of Basic Chemistry). Jurnal Pengajaran MIPA, 11(1).

Open Access Copyright (c) 2022 Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps