ANALISIS PENGARUH FDR, NPF, TINGKAT BAGI HASIL, KUALITAS JASA DAN ATRIBUT PRODUK ISLAM TERHADAP TINGKAT PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARI’AH DI SEMARANG

Wahab Wahab*  -  IAIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Mudharabah dengan konsep bagi hasil merupakan sebuah konsep yang sangat tepat diterapkan oleh bank syariah untuk menggantikan sistem bunga pada bank konvensional. Mudharabah diharapkan bisa mendominasi pembiayaan yang ada di bank syariah, karena dengan sistim bagi hasil diharapkan lebih bisa menggerakkan usaha yang bersifat produktif, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk dapat menciptakan lapangan kerja yang baru. Selain itu apabila jumlah pembiayaan tinggi, hal ini akan menarik nasabah untuk lebih berani dalam menginvestasikan dana yang dimiliki ke dalam pembiayaan mudharabah. Namun jumlah pembiayaan mudharabah selalu lebih kecil daripada jumlah pembiayaan murabahah, yang merupakan pembiayaan dengan prinsip jual beli. Pembiayaan mudharabah hanya mendapatkan jumlah sekitar 16% di setiap tahunnya, sedangkan untuk pembiayaan murabahah adalah sekitar 58% di setiap tahunnya. Pembiayaan mudharabah yang diharapkan dapat menjadi produk unggulan dari bank syariah justru tertinggal jumlahnya dari pembiayaan murabahah. Hal ini dapat terjadi karena ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah pembiayaan mudharabah.

Hasil peneletian pengaruh kualitas jasa layanan terhadap pembiayaan mudharabah berdasarkan hasil penelitian, KJL mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap pembiayaan mudharabah pada BUS. Ditunjukkan dengan tingkat signifikansi dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,038. yang berarti hipotesis yang menyatakan Kualitas Jasa Layanan pada BUS berpengaruh signifikan positif terhadap pembiayaan mudharabah pada perbankan syariah di Indonesia di terima. Kata Kunci: Mudharabah, financing to deposit ratio, Non Performing Financing Tingkat Bagi Hasil, Kualitas Jasa Layanan, Atribut Produk Islam.

Keywords: Mudharabah, financing to deposit ratio, Non Performing Financing Tingkat Bagi Hasil, Kualitas Jasa Layanan, Atribut Produk Islam

  1. Anggraini, Desti. 2005. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah”. Tesis. Jakarta: UI.
  2. Arisandi, Dewi. 2011. Analisis faktor Penawaran Kredit Pada Bank Umum di Indonesia. Dalam papers.gunadarma.ac.id. Jakarta: Universitas Gunadarma.
  3. Christie, Anita. 2007. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Pembiayaan Mudharabah di Bank Muamalat Indonesia (Periode Maret 2001 s.d. Februari 2006)”. Tesis. Jakarta: UI.
  4. Cleopatra, Yuria Pratiwhi. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Proporsi Aset Perbankan Syariah di Indonesia. Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: UI.
  5. Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  6. Donna, Duddy Roesmara. dan Dumairy. 2006. “Variabel – variabel yang Mempengaruhi Permintaaan dan Penawaran Mudharabah pada Perbankan Syariah di Indonesia”. Dalam Sosiosains, Nomor 19. Hal 4 Yogyakarta: UGM.
  7. Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
  8. -------. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang: UNDIP.
  9. Hilmi. 2006. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Mudharabah pada Bank Syariah Mandiri”. Tesis. Jakarta: UI.
  10. Karim, Adiwarman Azwar. 2007. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan (Edisi Ketiga). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  11. Maryanah. 2006. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Bagi Hasil di Bank Syariah Mandiri”. Tesis. Jakarta: UI.
  12. Meydianawathi, Luh Gede. 2007. “Analisis Perilaku Penawaran Kredit Perbankan Kepada Sektor UMKM di Indonesia (2002-2006). Dalam BULETIN STUDI EKONOMI. Volume 12 Nomor 2 Tahun 2007. Denpasar : Universitas Udayana.
  13. Nurhayati, Sri dan Wasilah. 2009. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
  14. Perwataatmadja, Karnaen A dan Hendri Tanjung. 2007. Bank Syariah: Teori, Praktik, dan Peranannya. Jakarta: Celestial Publishing.
  15. Pratama, Billy Arma. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Penyaluran Kredit Perbankan. Dalam papers.gunadarma.ac.id. Jakarta: Universitas Gunadarma. ratin dan Akhyar Adnan. 2005. “Analisis Hubungan Simpanan, Modal Sendiri,NPL, Prosentase Bagi Hasil dan Markup Keuntungan terhadap Pembiayaan pada Perbankan Syariah (studi kasus pada BMI)”. Dalam Sinergi Kajian Manajemen dan Bisnis, Edisi Khusus on Finance. Hal 35-52 Yogyakarta: Balai Diklat Keuangan III Yogyakarta dan FE UII.
  16. Sujatna, Yayat. 2006. “ Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Jumlah Pembiayaan Bagi Hasil (Studi Kasus: Bank Syariah Mandiri)”. Tesis. Jakarta: UI.
  17. Usamah. 2009. “Peran Kompetensi dan Model Pengorganisasian Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah di Indonesia”. Dalam Artikel KU. Semarang: Undip.

Open Access Copyright (c) 2016 Economica

Economica: Jurnal Ekonomi Islam
Published by the Institute of Islamic Economic Research and Development (LP2EI), Faculty of Islamic Economics and Business Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-7654-4666
Website: https://febi.walisongo.ac.id/
Email: economica@walisongo.ac.id

ISSN: 2085-9325 (Print)
ISSN: 2541-4666 (Online)
DOI: 10.21580/economica

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Get a feed by atom here, RRS2 here, and OAI Links here.

apps