Dramaturgy of Ustadh Abi Azkakia's da'wah in the Mobile Legends game

Arini Fahma Qona'ati*  -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Dicky Nur Rahman  -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Eta Husniya  -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Sokhi Huda  -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

(*) Corresponding Author

Da'wah strategy innovation is needed in the midst of various challenges. This paper examines the phenomenon of preaching by Ustadh Abi Azkakia (preacher) in the perspective of Erving Goffman's dramaturgical theory. The Ustadh carried out da'wah through the Mobile Legends game in a unique way of preaching. This study uses a textual qualitative research analysis method with a case study type. The results of this study indicate that the preacher conveys his da'wah message through the Mobile Legends game interspersed with jokes and attracts many young fans called the Assembly of Nurul Legends gaming congregation. The average Mobile Legends gamer says harshly, with this preaching it makes these words good words. The preacher shows himself as an example from the way he interacts with his missionary partners, the way he talks, dresses politely, to a simple way of life. This research contributes to the development of da'wah dramaturgy studies, but this research has limited data which is only analyzed based on literature data.

 ***

Inovasi strategi dalam berdakwah sangat diperlukan di tengah berbagai tantangan. Tulisan ini mengkaji tentang fenomena dakwah Ustadh Abi Azkakia (pendakwah) dalam perspektif teori dramaturgi Erving Goffman. Ustadh tersebut melakukan dakwah melalui permainan Mobile Legends dengan cara dakwah yang unik. Penelitian ini menggunakan metode analisis penelitian kualitatif tekstual dengan jenis studi kasus. Hasil studi ini menunjukkan bahwa pendakwah menyampaikan pesan dakwahnya melalui permainan Mobile Legends dengan diselingi candaan dan menarik banyak penggemar muda yang bernama jamaah gaming Majelis Nurul Legends. Rata-rata gamers Mobile Legends berkata kasar, dengan adanya dakwah ini membuat perkataan tersebut menjadi perkataan yang baik. Pendakwah menunjukkan dirinya sebagai teladan dari caranya berinteraksi dengan mitra dakwah, cara-cara berbicara, berpakaian yang sopan, hingga cara hidup yang sederhana. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan pengembangan kajian dramaturgi dakwah, namun penelitian ini memiliki keterbatasan data yang hanya dianalisis berdasarkan data literatur.

Keywords: dramaturgy; da'wah; da'i; Mobile Legends.

  1. Alhidayatillah, N. (2018). Dakwah dinamis di era modern (pendekatan manajemen dakwah). An-Nida’, 41(2), 265–276. Retrieved from https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/4658.
  2. Arianto, A. (2019). Studi dramaturgi dalam presentasi diri kelompok Jamaah An-Nadzir Kabupaten Gowa. Jurnal Aspikom, 4(1), 96. https://doi.org/10.24329/aspikom.v4i1.425.
  3. Arifin, M., & Muadin, A. (2019). Strategi komunikasi kiai pesantren Darul Falah Dalam perubahan budaya Merariq Nyongkolan (Studi kasus pada masyarakat suku Sasak sekitar Pesantren Darul Falah Lombok Nusa Tenggara Barat. Lentera, 3(1), 1–19. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera/article/view/1762.
  4. Azis, A. R. (2021). Etika dakwah dan media sosial: Menebar kebaikan tanpa diskrimasi. Alhaqiqah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(2), 31–40. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2912.
  5. Budiantoro, W. (2017). Dakwah di era digital. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 263–281. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1369.
  6. Cholil., Syam, N., & Niza, Y. A. (2021). Dramaturgi dakwah Hanan Attaki pada komunitas Geng Motor di Bandung. Jurnal Komunikasi Islam, 11(2), 392–407. https://doi.org/10.15642/jki.2021.11.2.392-407.
  7. Fitri, A. (2015). Dramaturgi: Pencitraan Prabowo Subianto di media sosial Twitter menjelang pemilihan presiden 2014. Jurnal Interaksi, 4(1), 101-108. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9740.
  8. Goffman, E. (1959). The presentation of self in everyday life. Doubleday Anchor Books.
  9. Hare, R. D. B. (2015). Dramaturgical analysis. In International encyclopedia of the social & behavioral sciences: Second Edition (pp. 49–645).
  10. Huda, S. (2022). Gender equality in Islamic organizations: A study on PBNU. Muharrik Jurnal Dakwah dan Sosial, 4(1), 195. https://doi.org/10.37680/muharrik.v5i2.1608.
  11. Horton, P.B. (1984). Sosiologi. Ciralas.
  12. Humbertus, P., Jayanti, L. G. L. E., Cuo, F. O., & Laumanto, F. (2022). Kecenderungan pembentukan inauthentic self- presentation pengguna Instagram. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1812-1826. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6867.
  13. Jumrad, O. T., & Sari, I. D. M. (2019). Fungsi komunikasi dalam organisasi melalui group chat Whatsapp oriflame. Jurnal Common, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1953.
  14. Jonathan Liandi (2022, September 13). Dakwah pertama di MLBB majelis nurul legend wajib nonton‼️ [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=voxjmeuknby&t=647s.
  15. Laksono, G. (2022, September 15). Dakwah sambil bernain Mobile Legends. Kincir.com. https://kincir.com/game/mobile-game/ustadz-abi-yang-viral-akibat-berdakwah-sambil-bermain-mobile-legends-FJig9VkwHfvk1.
  16. Macionis, J. J. (2006). Society the basic, eight edision. New Jersey, Upper Saddle River.
  17. Maryani, E. (2013). Media online Islam di masyarakat multikultur. Jurnal Communication, Vol. 4 No.2, 2013, 4(2). http://dx.doi.org/10.36080/comm.v4i2.58.
  18. Mead, G. H. (2018). Mind, self & soociety (pikiran, diri, dan masyarakat). Forum.
  19. Moefad, A. M. (2021). Hegemoni media dalam pemberitaan pembubaran Ormas Islam. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial, dan Kebudayaan, 12(2), 94-104. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i2.3089.
  20. Nasution, N. H. (2020). Manajemen masjid pada masa pandemi covid 19. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(1), 84–104. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/yonetim/article/view/6204.
  21. Pertiwi, N. E. (2022, September 14). Profil dan biodata Ustad Abi yang viral di Tiktok dan kisah berdakwah lewat game Mobile Legends. malangterkini.com. https://malangterkini.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-1255505448/profil-dan-biodata-ustad-abi-yang-viral-di-tiktok-dan-kisah-berdakwah-lewat-game-mobile-legends.
  22. Ritzer, G. (2014). Teori sosiologi modern. Prenadamedia Group.
  23. Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif. Prenadamedia Group.
  24. Santoso, E. (2012). Teori komunikasi. Graha Ilmu.
  25. Sulaeman, S., Sulastri, I., & Nurdin, A. (2018). Dramaturgi komunikasi dakwah para da’i di Kota Ambon: Pola pengelolaan kesan di panggung depan. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 86–110. https://doi.org/10.15642/jki.2018.8.1.86-110.
  26. Syam, N. (n.d.). Menilai kembali perkembangan ilmu dakwah: Studi dalam wacana kerja akademik. Prosiding Konferensi Internasional Dakwah dan Komunikasi oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.
  27. Syam, N. (2010). Menara kembar arah baru pengembangan studi Islam multidisiplin. SAP.
  28. Thadi, R. (2018). Tafsir komunitas dakwahtainment di televisi. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 13(2), 23–24.
  29. Thadi, R. (2020). Studi dramaturgi presentasi diri da’i migran di Kota Bengkulu. Lentera, 4(1), 41–59. https://doi.org/10.21093/lentera.v4i1.2067.

Open Access Copyright (c) 2023 Islamic Communication Journal
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Islamic Communication Journal
Published by the Department of Islamic Communication and Broadcasting
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-6727-8693 (Admin ICJ)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2541-5182 (Print)
ISSN: 2615-3580 (Online)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps