Stimulasi Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia (3-4) Tahun Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10075Keywords:
Stimulasi kemandirian AUD, Covid-19,Abstract
Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan menyangkut stimulasi orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia (3-4) tahun selama masa pandemi Covid-19 di RT 06 Pasar Bawah Lahat. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah analisis data kualitatif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berikutnya mereduksi data yang diperoleh dari lapangan. Pada penelitian ini menggunakan dua subjek yaitu orang tua yang mempunyai anak usia (3-4) tahun di RT 06 Pasar Bawah Lahat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi yang diberikan orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia (3-4) tahun selama masa pandemi Covid-19 yaitu membereskan mainan, memakai kaos kaki dan sepatu, menggosok gigi, memakai pakaian, makan sendiri, mencuci tangan, membuang sampah dan mandi sendiri.Downloads
References
Astuti, S. P., & Handayan, S. (2017). Pendahuluan Tinjauan Pustaka Metodologi. 1(3), 333–343.
Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994
Ginting, S. L., Ginting, Y. R., & Aditama, W. (2017). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Bayi Menggunakan Metode Marker Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika, 1(13), 1–14.
Herawati, N., & Bachri, B. S. (2018). Prosiding Seminar Nasional: Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Munthe, I. S., & Raharjo, S. T. (2018). Pemenuhan Kebutuhan Afeksi Pada Anak (Peningkatan Kemandirian Dan Kepercayaan Diri Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak - Lksa). Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 119.
Ngura, E. T. (2018). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini: Menumbuhkan Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2017(November), 243–245.
Ni’matuzahroh, & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Puji, H., & Ana, R. (2019). Hubungan Status Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Prasekolah Umur 4-6 Tahun Di Tk Islam Miftahul Ulum Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health), 10(2), 140–148. https://jurnal.stikesbup.ac.id/index.php/jks/article/view/55
Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak. Stiletto Book.
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2),121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1),31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005
Samtyaningsih, D., & Ibaadillah, A. A. (2018). Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Kb-Ra the Correlation of Stimulation Parent With Rough Motoric Development in Children Aged 3-5 Years in Kb-Ra Muslimat Nu 16 Malang. Jurnal Wiyata, 5(2), 93–97.
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood :Jurnal Pendidikan, 3(1),45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). PT.Bumi Aksara.