Identifikasi Keterampilan Gerak Manipulatif Anak Usia 6-7 Tahun Selama Masa Pandemi Covid- 19

Anggita Dwi Oktaria*  -  Universitas Sriwijaya, Indonesia
Windi Dwi Andika  -  Universitas Sriwijaya, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan gerak manipulatif anak usia (6-7) tahun selama masa pandemi Covid-19 di Jalan Persada Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan empat subjek penelitian. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Miles dan Huberman, meliputi pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya mereduksi data yang telah didapatkan dari lapangan, penyajian data dalam bentuk narasi singkat dan penarikan kesimpulan. Penelitian menggunakan empat subjek penelitian yaitu orang tua yang memiliki anak usia (6-7) tahun di Jalan Persada Ogan Ilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan gerak manipulatif anak selama masa pandemi ini cukup baik dengan adanya kegiatan yang dapat merangsang gerak manipulatif anak seperti melempar, menangkap, memantulkan, menendang, menggelindingkan, dan mendorong.

Keywords: Gerak Manipulatif; Covid-19; Pandemi

  1. Adi, S., Supriadi, & Masgumelar, Kukuh, N. (2020). Model Model Exercise dan Aktivitas Fisik Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. Wineka Media.
  2. Arifin, M. Z. (2017). Pengaruh Modifikasi Permainan Lempar Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Gerak Manipulatif Anak Tunagrahita. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(3), 35–39.
  3. Asiyah, S. N. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini di Jaman Naw. CV Kaaffah Learning Center.
  4. Asmawati, L. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Melalui Stimulasi Orangtua Dan Permainan Dengan Bola Berpasangan Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–13.
  5. Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K., & Singh, N. (2021). Covid-19 and Its Impact On Education, Social Life and Mental Health of Students: A survey. Journal Children and Youth Services Review, 121.
  6. Darmawan, A. C. (2019). Pedoman Praktis Tumbuh Kembang Anak (Usia 0-72 Bulan). PT Penerbit IPB Press.
  7. Fajrin, S. N., Agustiyawan, A., Purnamadyawati, P., & Mahayati, D. S. (2021). Literature Review : Hubungan Koordinasi Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Pemain Sepak Bola. Indonesian Journal of Physiotherapy, 1(1), 6. https://doi.org/10.52019/ijpt.v1i1.2605
  8. Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
  9. Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2018). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
  10. Harahap, M. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Bermain Lempar Tangkap Bola Di Ra Assyifa. Jurnal Ansiru, 4(1), 100–107.
  11. Hasanuddin, M. I., & Hasanuddin, M. I. (2020). Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar. CV Budi Utama.
  12. Hidayat, Salam, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajar Atletik Nomor Lari Berbaris Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. CV Sarnu Untung.
  13. Imani, R. A., Muslihin, H. Y., & Elan. (2020). Permainan Bola Terhadap Perkembangan Gerak Manipulatif Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Agapedia, 4(2), 273–284.
  14. Indriani, F., Dewi, K. P., Qisan, A., & Okfitri, N. N. (2020). Tematik Integratif Berbasis Keterampilan Abad 21. Gestalt Media.
  15. Irsakinah, & Yaswinda. (2021). Gambaran Keterampilan Gerak Dasar Anak Di Taman Kanak-Kanak Sani Ashilla II Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 99–108.
  16. Janah, N. (2021). Mandiri Belajar Ulangan Tematik. Madia.
  17. Kalili, S. (2018). Berhasil Di Semua Ulangan Harian dan Semesteran SD Kelas 3. Kunci Aksara.
  18. Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Kencana.
  19. Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
  20. Mirawati, M., & Rahmawati, E. (2017). Permainan Modifikasi Untuk Stimulasi Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Anak Usia 2-4 Tahun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.119
  21. Muhyi, M., Santoso, H., Mulyono, Hakim, L., Prastyana, B. R., & Darisman, E. K. (2020). PJOK Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1. CV. Jakad Media Publishing.
  22. Mulyati. (2017). Terampil Berbahasa Indonesia. Kencana.
  23. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
  24. Rahmah, A., Yasbiati, Nur, L., & Kastrena, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Gerak Manipulatif. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 9(1), 48–65.
  25. Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50.
  26. Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27.
  27. Simamora, B. S. (2019). Aktif Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
  28. Sudarsini. (2017a). Bina Diri Bina Gerak. Gunung Samudera.
  29. Sudarsini. (2017b). FISIOTERAFI. Gunung Samudera.
  30. Sudirjo, N., & Alif, Nur, M. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. UPT Sumedang Press.
  31. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (S. T. Suryandari (ed.)). Alfabeta.
  32. Suherman. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  33. Sumantri, M. S., & Endrawati, T. (2020). Kemampuan Sosialisasi Dan Gerak Manipulatif Berbasis Kelompok Pada Anak Usia (6-7) Tahun di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUDNI, 8(2).
  34. Sunarsih, T. (2018). Tumbuh Kembang Anak Implementasi dan Cara Penggukurannya. PT REMAJA ROSDAKARYA.
  35. Tabi’in, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 190–200.
  36. Tisnawijaya, C., & Pujiastuti, P. (2020). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI : UNDERSTANDING THE KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. Jurnal Pengabdi Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 1, 93–103.
  37. Yani, A. (2021). Aktivitas Permainan Dalam Outdoor Education. Ahlimedia Press.
  38. Yudiantoro, Asmawi, M., & Karnawijaya, Y. S. (2020). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melempar Dan Menangkap Pada Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 151–156.
  39. Yuliani, Khojir, & Mujahidah. (2021). Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Melempar Dan Menangkap Bola Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Sijope, 1(1).

Open Access Copyright (c) 2022 Journal of Early Childhood and Character Education

VISITOR COUNTER  JoECCE

 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps