Pengembangan Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Anisa Ayuningrum*  -  UIN Raden Mas Said Surakarta
Azizah Nur Latifah  -  UIN Raden Mas Said Surakarta
Wakhida Fajar Hudayani  -  UIN Raden Mas Said Surakarta
Hery Setiyatna  -  UIN Raden Mas Said Surakarta

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Komunikasi merupakan suatu aktivitas yang sangat sering dilakukan oleh setiap orang dalam lingkup apapun, dimanapun, dan kapanpun. Komunikasi dalam PAUD adalah suatu poses hubungan antara pendidik dan peserta didik, dalam pembelajaran anak akan selalu berkomunikasi dengan guru, dengan menyampaikan informasi atau pesan sehingga ada umpan balik antara pendidik dan peserta didik. Komunikasi dalam pendidikan anak usia dini sangat penting, karena dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Selain itu dengan melaksanakan komunikasi efektif dapat menciptakan pola hubungan yang baik antara pendidik dan peserta didik.  Dengan komunikasi efektif diharapkan mampu memberikan dampak positif  bagi anak maupun sekolah.

Supplement Files

Keywords: Mengembangkan; komunikasi efektif;Anak Usia Dini;

  1. Afifah F. N., D. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online melalui Strategi Komunikasi Efektif Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2356–1327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1615
  2. Baharuddin. (2022). MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANA. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN ANAK, 8(2), 17–32. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4771/3508
  3. Eva M, N. (2023). MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK SAMUDERA BUANA LANGKAPLANCAR. Jurnal Literasi Unggulan Ilmiah, 1(1), 24–31.
  4. FAISALV, A. (2019). IMPEMENTASI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK RUMAH CITTA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan, 20(1), 1–20. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/1051
  5. Fajar, L. (2023). Deep Talksebagai Pola Komunikasi Efektif dalam Keluarga. Islamic Studies Across Different Perspective: Trends, Challenges and Innovation, 19. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
  6. Fauzi. (2013). Pendidikan Komunikasi Anak Usia Dini: Berbasis Kecerdasan Bahasa dan Kecerdasan Sosial.
  7. Hanum, R. (2017). MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak BUYYANA, 3(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2044/1515
  8. Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum. 10(1), 49–63. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223
  9. Priatna, T. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. CV. Insan Mandiri.
  10. Rima Ivana, D. K. (2023). Komunikasi Efektif Dengan Pendekatan Psikologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 351–363.
  11. Subagyo, J. (2004). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Rineka Cipta.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps