Metode Bermain Yang Efektif Untuk Meningkatkan Ketertarikan Anak Dalam Belajar Matematika Di Kelas B TK Negeri Ngaliyan

Viosa Vironika Santika*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

(*) Corresponding Author

Matematika sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Akan tetapi, ada beberapa siswa yang menganggap matematika adalah hal yang menyeramkan. Agar seseorang senang dengan matematika, sebaiknya guru maupun orang tua membiasakannya sejak dini dengan memperkenalkan matematika dengan suasana yang santai, nyaman, dan interaktif dengan melalui permainan, pengalaman, memberi penghargaan jika anak mampu menyelesaikannya dan memberi dukungan pada anak jika belum mampu menyelesaikannya. Seperti pada kegiatan belajar di kelas B TK Negeri Ngaliyan yang sudah menerapkan pendekatan student center dengan tema pakaian, guru memberi dua pilihan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan konsep matematika pada anak dengan kegiatan bermain sambil belajar serta mendeskripsikan proses pembelajaran di kelas B TK Negeri Ngaliyan dengan menerapkan kemampuan dan minat anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang digunakan untuk mengetahui atau menggambarkan peristiwa nyata yang diteliti, sehingga memudahkan memperoleh informasi yang objektif.

Keywords: Matematika;Aspek Kognitif;Metode Bermain;

  1. Atabik, A. (2015). Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 264–280.
  2. Hainstock, E. G., & Lumley, B. (1999). Metode pengajaran Montessori untuk sekolah anak dasar. Pustaka Delapratasa.
  3. Hamalik, O. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta. In Jakarta: Kencana (1st ed.). Jakarta Bumi Aksara.
  4. Langgulung, H. (2004). Manusia dan Pendidikan : Suatu Analisa Psikologis, Filsafat, dan Pendidikan (1st ed.). Pustaka Al-Husna Baru.
  5. Mansur, M. A. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Marimba, A. (1996). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (9th ed.). Al-Ma’arif.
  7. Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitative. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  8. Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD (1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2.
  10. Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
  11. Syah, M. (2006). Muhibbin Syah, Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press, 2006), Hal. 20, 14, 20.
  12. Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps