Kemampuan Memahami Rukun Islam Anak : Pengaruh Video Kompilasi “Diva Series”

Harisatuz Zahro'*  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Mas’udah Mas’udah  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Muhammad Reza  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Nurul Khotimah  -  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video dalam meningkatkan kemampuan memahami Rukun Islam pada anak. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 anak yang terdiri dari 11 anak pada kelompok eksperimen dan 11 anak pada kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design dan metode non equivalent control group design dengan menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data yang diperoleh dari perhitungan uji Mann-Whitney U-Test menggunakan IBM SPSS Statistics 26 mendapatkan hasil nilai Asymp.Sig. (2 tailed) yaitu sebesar .000. Dengan dasar pengambilan keputusan apabila Asymp.Sig. < 0.05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, di mana nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dari nilai kelompok kontrol, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video kompilasi Diva series mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami Rukun Islam pada anak. Hal ini diperkuat dengan hasil statistik  deskriptif pada kelompok eksperimen yang menunjukkan peningkatan kemampuan memahami rukun Islam sebesar 62, hasil tersebut berbeda jauh dengan kelompok kontrol yaitu sebesar 22.

Keywords: Anak Usia Dini; Rukun Islam; Video;

  1. Asnawir. (2002). Media Pengajaran. Ciputat Pers.
  2. Astutik, A. P. , U. R. S. , & P. A. M. (2021). Penggunaan Media Animasi “Muroja’ah for Kids” untuk Meningkatkan Hafalan Anak. Community Empowerment, 6(4), 682–687.
  3. Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.
  4. Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. PT Sarjana Tutorial Nurani Sejahtera.
  5. Depdiknas. (2003). Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas RI.
  6. Djamarah, S. B. dan A. Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
  7. Fadhilah, F. (2015). Media Pembelajaran yang Cocok bagi Anak-anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jurnal Studi Pendidikan, Riset Dan Pembangunan Pendidikan Islam, 4(2), 21–40.
  8. Fadlillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Ar Ruzz Media.
  9. Hasibuan, R. (2017). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Unesa University Press.
  10. Isran Rasyid Karo -Karo S, R. (2018). maanfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96.
  11. Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum KTSP Dan Sukses Salam Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada.
  12. Kustandi, C. dan B. S. (2011). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor. GhaliaIndonesia.
  13. Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Al-Ma’arif.
  14. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka Publisher.
  15. Nasional, D. P. (n.d.). UU RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
  16. Nurhikmah, F. (2020). Efektifitas Media Audio Visual Pada Pelajaran Solat Anak Usia Dini Autis Di RA/TK SLB Ar-Rahmah Kecamatan Medan Johor. UIN sumatra utara.
  17. rahmawati, N. A. dkk. (n.d.). PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MELUKIS DENGAN MIXED MEDIA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 02 NGIJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. file:///E:/MAKUL SEMESTER 4/jurnal bk/35117-87584-1-SM.pdf
  18. Randi, S. (2013). Cara–Cara Terbaik untuk Mengajar Reading. Indeks.
  19. Sanaky, H. (2011). Media Pembelajaran. Kaukaba.
  20. Soetjiningsih & A, O. L. (2000). Aspek Kognitif dan Psikososial pada Anak dengan Palsi Serebral. Sari Pediatri, 2(2), 109-112.
  21. Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Suaka Media.
  22. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Afabeta.
  23. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta .
  24. Sumiati dan Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Wacana Prima.
  25. Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. PT Bintang Pustaka Abadi.
  26. Tengah, D. P. P. J. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR COUNTER

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JoECCE
apps