Upaya Guru Dalam Menangani Perilaku Anti Sosial Pada Anak Usia Dini

Miftah Fadhilah Rahmah*  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Esya Anesty Mashudi  -  Universitas Pendidikan Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini menelusuri upaya para guru dalam menangani perilaku anti sosial pada anak usia dini. Dengan tujuan mendalaminya, penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis data untuk memahami pendekatan yang diambil guru dalam mengatasi masalah ini. Fokusnya adalah untuk mengidentifikasi pemicu perilaku anti sosial serta mengevaluasi keberhasilan langkah-langkah korektif yang diterapkan oleh para pendidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya beragam strategi yang digunakan, mulai dari penerapan kebijakan disiplin positif, intervensi sosial-emosional, hingga kolaborasi yang erat dengan orang tua. Temuan menyoroti pentingnya komunikasi yang ditingkatkan antara guru, orang tua, dan anak dalam menangani perilaku anti sosial. Penelitian ini memberikan pandangan mendalam bagi praktisi pendidikan serta pengambil keputusan dalam merancang lingkungan belajar yang lebih baik bagi anak usia dini. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan informasi penting tentang strategi penanganan, tetapi juga memberikan fondasi untuk langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif serta perkembangan sosial yang positif pada tahap awal perkembangan anak.

Keywords: Perilaku Antisosial, Anak Usia Dini, Strategi Guru

  1. Anisa, N., & Rahmawati, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Antisosial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Eka Puri Mandiri Manahan Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
  2. Dewi, R. S. (2015). Perilaku anti sosial pada anak sekloah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 21-33.
  3. Nafi'ah, Z., Kusumastuti, N., & Sukmono, N. D. (2022). Perilaku Antisosial Anak dimasa Pembelajaran New Normal Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 232-238.
  4. Purwati, P., Amaliyah, S., & Nuraeni, Y. (2023). Analisis Penyebab Perilaku Anti Sosial pada Anak Usia Dini. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 131-136.
  5. Rahayu, A. P. (2017). Perilaku Anti Sosial Anak Jalanan Usia Dini di Kota Surabaya (Studi Kasus Anak Jalanan Usia Dini di Kawasan Jembatan Merah). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3c).
  6. Rambe, J. N. A., & Nasriah, N. (2021). Perilaku Anti Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dan Cara Guru Menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2).
  7. Yulianto, D., Utomo, H. B., & Kurniawati, E. (2020). Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 119-126.

Open Access Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps