Peran Orangtua dan Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini

Bayu Hatami*  -  Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
Herawati Herawati  -  Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
Sudarti Sudarti  -  Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia

(*) Corresponding Author

Dalam penelitian ini akan dijelaskan tentang peran orangtua dan guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TK Islam Miftahul Huda yang ditunjukkan dengan beberapa anak ketika mengerjakan tugas di rumah maupun di sekolah selalu tidak mau mengerjakan dan tidak bisa memakai sepatu sendiri. Oleh karena itu kurangnya kemandirian sebagian anak mengakibatkan anak selalu bergantung kepada orang tua dan guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tentang peran orangtua dan guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TK Islam Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu orangtua dan guru di TK Islam Miftahul Huda. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: member check dan triangulasi. Hasil penelitian di TK Islam Miftahul Huda menyatakan “baik” yang artinya peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kemandirian anak sudah berjalan dengan baik, namun ada faktor salah satu orang tua kurang memberikan perhatian terhadap kemandirian anak.

 

 

 

 

 

Keywords: Peran Orangtua; Peran Guru; Kemandirian Anak;

  1. Ananda, R. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
  2. Anggun Kumayang Sari, d. (2019). Upaya Guru Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Gugus Hiporbia. Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 1 (1), 1-6, 1.Bumi Aksara.
  3. Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 89-91. Dalam Menumbuhkan. Jurnal Pancar, 3(1), 233-234.
  4. Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7, 40.
  5. Febianti, Y.N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic, 6, 96-97.
  6. Ilvina. (2021). Upaya Guru Mengembangkann Kemandirian Anak Usia Dini di TK Karunia Ceria Sukabumi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
  7. Indak, Y.B & Pratiwi, W. (2021). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 02(02), 65-66.
  8. Islamiyah, C & Susilo, H. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Untuk Semua.
  9. Khoiri, N. (n.d.). Metodologi Penelitian Pendidikan (Ragam, Model, & Pendekatan). Semarang: Southeast Asian Publishing.
  10. Maimunawati, S & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran : Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya.
  11. Nina, 2022. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini” Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
  12. Ntelok, Z.R.E. dkk. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Selama Masa Belajar Drai Rumah. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 8-10.
  13. Rantina, M. (2019). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 182- 183.
  14. Rizkyani, Fatimah, DKK. 2019 “Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru dan Orang Tua”, Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, Edukids volume 16 (2).
  15. Salwiah & Asmuddin. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2930- 2931.
  16. Sari dkk. (2019). Upaya Guru Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Gugus Hiporbia. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 2-3.
  17. Sari, D. R & Rosyidah, A.Z. (2019, Mei). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 3(1), 3-10.
  18. Simatupang, dkk. (2021, Januari). Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal AUDHI, 2(2), 53-54.
  19. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2019
  20. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta, 2016.
  21. Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS.
  22. Sukiman. (2018). Seri Pendidikan Orang Tua Membantu Anak Percaya Diri. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  23. Trunojoyo. (2019). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35-42.
  24. Uno, H.B & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT
  25. Wahidin. (2019, April). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Peran Orang Tua.

Open Access Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps