Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di PAUD Kelompok Usia 2-3 Tahun di Labschool UNNES
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v4i2.22548Keywords:
, Pemanfaatan teknologi, kegiatan belajar mengajar, PAUD.Abstract
Pendidikan hingga kini masih dipercaya sebagai media yang sangat ampuh dalam membangun kecerdasan sekaligus keperibadian anak manusia menjadi lebih baik. Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di PAUD ini menjadi sarana dalam meningkatkan stimulasi perkembangan anak secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di PAUD kelompom usia 2-3 tahun. Metode penelitian pendekatan kualitataif, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian,seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, saat ini banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar anak usia dini. Seperti canva, PPT, capcut dan lain lain bahkan ada beragam game edukasi menarik yang dapat guru gunakan pada saat proses belajarengajar.Aplikasi aplikasi tersebut sangat berguna apabila bisa dioperasikan dengan baik.
Downloads
References
Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal JECEP : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Andriana, Andri, 2008. Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD, Jakarta: UT
Aula Abierta, 44(2). https://doi.org/10.1016/j.aula.2016.01.001
Daniels, Elizabeth., Mandleco, Barbara., Luthy, K. E. (2012). Assessment, management, and prevention of childhood temper tantrums. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners, 24(10), 569—573. https://doi.org/10.1111/j.1745-7599.2012.00755.x
Dewi, dkk, 2019. Hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa anak usia dini tahun 2, Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, ISSN.2527-4325
Echegaray-Bengoa, J., & Soriano-Ferrer, M. (2016). Conocimientos de los maestros acerca de la dislexia del desarrollo: implicaciones educativas.
Herawati, N. I. (2011). Menghadapi Anak Usia Dini yang Temper Tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10338
Hermijanto, O. B., & Valentina, V. (2016). Disleksia Bukan Bodoh,Bukan Malas, Tetapi Berbakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hewi, L. A. (2015). Kemandirian Usia Dini Di Suku Bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Hidayah, R. (2013). Aplikasi Teori Fonologi Pada Penanganan Anak Berkesulitan Membaca. Jurnal Psikoislamika, 10(2), 49-55, https://doi.org/10.18860/psi.v10i2.6371
Islamiah, Fajriyatul., Fridani, Lara., Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Quran pada Anak Usia Dini. Jurnal JECEP : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132
Loeziana. (2017). Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 42-58
Masitoh. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Moleong, Lexy. J, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, J, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mustafa, M. S. (2016). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Quran Di Madrasah Tahfidz Al-Quran Al-Imam Ashim Tidung Mariolo, Makassar. Al-Qalam, 18(2), 245. https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.73
Ozila Sandriani, Ganda Sumekar, Y. A. (2013). Efektivitas Teknik Jarikubaca Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Bagi Anak Disleksia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 433-442. https://doi.org/10.24036/jupe20870.64
Rahman, F. (2017). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor Untuk Menentukan Jenis Gangguan Disleksia Berbasis WEB. Jurnal Inkofar, 1(1), 12—17. https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v1i1.4
Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Quran Tangerang Selatan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 162—173. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1920
Sri Respati Andamari, U. A. (2017). Implementasi Terapi Disleksia Berbasis Aplikasi Android dan Terapi Verbal Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca pada Anak Disleksia. Psikologia: Jurnal Psikologi, 2(1), 18. https://doi.org/10.21070/psikologia.v2i1.1073
Sundari, R. & Zahro, F., Peningkatan Kreativitas melalui Pelatihan Finger Painting bagi Guru PAUD, Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 73-90, https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 2(1),1—19. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305
Tabiin, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989
Taja, Nadri., Inten, Dinar Nur., Hakim, A. . (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal JECEP : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Zakiyah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Usia Toddler Di Dukuh Pelem Kelurahan Baturetno Banguntapan Bantul. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 62—71. https://doi.org/10.37341/interest.v6i1.83
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.