Pengaruh Penerapan Buku Cerita Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini

Yuli Widiya Ningrum*  -  PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
Royana Ashari  -  PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
Luthfatun Nisa’  -  PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini didasarkan atas sebuah permasalahan keterampilan berbahasa anak usia dini. Penelitian ini menyoroti penggunaan buku cerita digital sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas buku cerita digital dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak usia dini, termasuk pemahaman kosakata, kemampuan berbicara, dan keterampilan mendengarkan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana teknologi digital dapat memfasilitasi proses pembelajaran dan meningkatkan minat serta keterlibatan anak-anak dalam belajar berbahasa. Penelitian ini dilakukan di TK Nahdlatus Subban dengan mengamati respons anak-anak terhadap sesi dongeng yang dipimpin oleh peneliti. Metode penelitian menggunakan menggunakan teknik analisis data berupa uji wilcoxon match pairs test. Sampel berjumlah 15 anak dengan rentang usia 4-5 tahun di TK Nahdlatus Subban. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbahasa anak berkembang secara signifikan berdasarkan hasil uji wilcoxon Thitung < Ttabel (0 < 1,75). Berdasarkan pada perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Sehingga, buku cerita digital mempunyai pengaruh dalam kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Nadhlatus Subban.

Keywords: Keterampilan Berbahasa, Buku Cerita Digital, Anak usia Dini.

  1. Atikah, C., Asmawati, L., & Ekawati, R. (2023). Buku Digital Berbasis Fonetik Melalui Aplikasi Book Creator untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4913–4924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4951
  2. Azhari, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI LEMBAGA PAUD MERAJE GUNE. WISDOM: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
  3. Budiarti, E. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 825–834.
  4. Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116.
  5. Hidayah, N., Roshonah, A. F., & Damayanti, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Bercerita pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang. 1528–1532.
  6. Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.
  7. Nur Azizah Lestari, Sitti Nurhidayah Ilyas, Fitriani Dzulfadhilah, F. A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN ELECTRONIC BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TELKOM MAKASSAR Nur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 3374–3385.
  8. Prasetya, D. D., Widiyaningtyas & Prastuti, E. (2016). Buku Digital Ceria Anak Berbasis Mobile. Jurnal Tekno, 26(2), 130–135.
  9. Putri Handayani Telaumbanua, D. (2023). Peran Literasi di Usia Dini dalam Membangun Kemampuan Bahasa Anak PantiAsuhan: Studi Kasus di Yayasan Hati Ibu, Medan. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 80–83. https://doi.org/10.57251/mabdimas.v3i2.1304
  10. Rizkiah, P. & M. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115–133.
  11. Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230
  12. Saputra, W. A., & Fatkhurohman, I. (2023). Inovasi Digital Untuk Membangun. 3(3), 14–20.
  13. Scott, W. A., & Ytreberg, L. H. (2024). eaching English to children. In Longman keys to language teaching TA -TT -(20. impres). Harlow SE -115 Seiten : Illustrationen, Diagramme.: Longman, Pearson Education. https://doi.org/LK -https://worldcat.org/title/254197884
  14. Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
  15. Siregar, N. H., Damanik, M. H., & Sawitri, D. (2024). Identifikasi Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Melalui Video Mendongeng Digital. 7(2), 642–651.
  16. Solichah, N., & Hidayah, R. (2022). Digital Storytelling Untuk Kemampuan Bahasa Anak. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 14(2), 129–140. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol14.iss2.art5
  17. Susetyo, B. (2012). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. PT. Refika Aditama.
  18. Tohan. (2011). Perkembangan Bahasa Anak. STIKES ‘Aisyiyah.
  19. Wulan Ainayyah, D. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG USIA 5-6 TAHUN DI TK IHYA AL-ILUM UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 452–463.
  20. Yus, A. A., & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3186

Open Access Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps