Peran Lingkungan Agraris dalam Membentuk Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.21580/joecce.v5i1.26436Keywords:
Kecerdasan Naturalis, Lingkungan Agraris, Pembelajaran Berbasis Alam, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lingkungan agraris dalam membentuk kecerdasan naturalis anak-anak. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, studi ini di TK Pertiwi Pandean 1, Ngablak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan dalam aktivitas agraris meningkatkan kemampuan observasi, pengenalan spesies, serta pemahaman tentang ekosistem. Kegiatan tersebut menambah pengetahuan kognitif, mengembangkan rasa empati dan tanggung jawab anak-anak terhadap lingkungan. Terbukti bahwa, kegiatan eksploratif memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Rekomendasi untuk integrasi pengalaman agraris dalam kurikulum pendidikan anak usia dini diusulkan, dengan keterlibatan orang tua dan komunitas. Penelitian ini menekankan pentingnya pendidikan berbasis alam dalam menciptakan generasi yang lebih peka dan bertanggung jawab terhadap isu-isu lingkungan.
Downloads
References
Aji, L. J., Hendrawati, T., Febrianti, R., & Dkk. (2023). Model-Model Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Penerbit Qriset Indonesia.
Amiliya, R., & Aminah, S. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Natural-Based Learning for Early Childhood Education. Jurnal Al-Abyadh, 3(2), 59–73. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/194/134
Chawla, L. (2020). Childhood nature connection and constructive hope: A review of research on connecting with nature and coping with environmental loss. People and Nature, 2(3), 619–642. https://doi.org/10.1002/pan3.10128
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pembelajaran Berbasis Alam.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Hasnida, S. S., Adrian, R., & Siagian, N. A. (2023). Tranformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488
Ismail, I., & Endayani, H. (2024). Sosiologi Pendidikan. UIN Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/22396/1/BUKU AJAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN BARU.pdf
Kaplan, R., & Kaplan, S. (1989). The Experience of Nature:A Psychological Perspective. Cambridge University Press. https://www.hse.ru/data/2019/03/04/1196348207/%5BRachel_Kaplan,_Stephen_Kaplan%5D_The_Experience_of_(b-ok.xyz).pdf
Masganti, S. (2021). Optimalisasi kecerdasan majemuk anak usia dini dengan permainan tradisional. Kencana. http://repository.uinsu.ac.id/16156/1/HIBAH PENELITIAN BOPTN 2021.pdf
Monika, K., & Sari, Y. M. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini melalui Jurnal Alamku. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 123. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.28870
Mujib, A. (2015). Pendekatan Fenomenologi dalam Studi Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 17–33.
Sari, M., Sodik, N. A. M., & Sumirat, E. M. (2024). Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Online, 7(6), 641–649.
Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Sayani, P., S., P., Prakoso, T., & Dkk. (2024). Agroteknologi Berkelanjutan. PT Media Penerbit Indonesia. http://repository.mediapenerbitindonesia.com/309/1/(%2BISBN)K-188- Agroteknologi_Berkelanjutan.pdf
Syafnita, T., Akip, M., Mukhlisin, M., Bhoki, D., & Kardinus, W. N. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365
Trimadania, A. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik Anak melalui Media Bahan Alami Biji-Bijian pada Kelompok di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Baitul Izzah. UIN Fatmawati Sukarno.
Tulalessy, Q. D. (2018). Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Ekologis. Jurnal Triton Pendidikan, 1(1), 51. https://doi.org/10.30862/jtp.v1i1.795
Tyaningsih, S., & Nurachadijat, K. (2023). Peran Model Pembelajaran Berbasis Alam di SD Islam Alam Junudurahman Cijedil Cianjur. Journal of Humanities, 1(1), 228–240. https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/article/view/80%0Ahttps://humasjournal.my.id/index.php/HJ/article/download/80/27
Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31–50. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03
Walidaini, S., Hasballah, J., & Faridy, F. (2024). Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek. Educator Development Journal, 2(1), 38–54. https://doi.org/10.22373/edj.v2i1.2604
Wulansari, B. Y. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Alam sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 95–105. https://doi.org/10.24269/dpp.v5i2.575
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Early Childhood and Character Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.