Inovasi Pembelajaran Coding Hijaiyah dalam Menstimulasi Keterampilan Problem-Solving Anak Usia Dini di Era Modern
Keywords:
anak usia dini, coding hijaiyah, pembelajaran inovatif, pendidikan Islam, problem-solvingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi inovasi pembelajaran coding hijaiyah dan dampaknya terhadap keterampilan problem-solving anak usia dini. Penelitian dilakukan di PIAUDQ Nur Fadhilah Jenu, Kabupaten Tuban, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Fokus penelitian meliputi langkah- langkah penerapan pembelajaran coding hijaiyah, respons anak terhadap metode tersebut, serta kontribusinya terhadap pengembangan keterampilan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran coding hijaiyah diterapkan melalui kegiatan bermain yang interaktif dan terstruktur, menggabungkan pengenalan huruf hijaiyah dengan pola berpikir logis. Anak-anak menunjukkan respons positif berupa antusiasme, keterlibatan aktif, dan peningkatan kemampuan dalam menyusun strategi serta memecahkan masalah sederhana. Pembelajaran ini terbukti mampu menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak, serta relevan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21 berbasis nilai-nilai Islam.
Downloads
References
Hartono, C. P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2025). Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Pembelajaran Plugged dan Unplugged dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1043–1050. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/download/6746/5036/44770
Karimah, S. A. (2025). Pengaruh Permainan Unplugged Coding Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Pada Anak Usia 5-6 Tahun [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/123284/Pengaruh-Permainan-Unplugged-Coding-Terhadap-Kemampuan-Berpikir-Komputasional-Pada-Anak-Usia-5-6-Tahun
Masnaini. Z, B. S., & Akbar, K. (2025). Implementasi Full Day School dalam Menanamkan Nilai Agama Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 75–90. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v4i1.1429
Mursyidah, N. H., & Aulia, E. A. putri. (2023). Pengaruh Permainan Edukasi Untuk Meningkatkan Computational Thinking Anak Usia 5-6 Tahun Menuju Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 19–22.
Mutoharoh, Munawar, M., & H, D. P. D. (2023). Kegiatan Unplugged Coding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis Anak Usia Dini. Transisi Paud Ke Sd Yang Menyenangkan, 1–14. https://conference2.upgris.ac.id/index.php/snpaud/article/view/44/37
Nurrochmah, N., & Fauzi, F. (2025). Penggunaan Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Anak Usia Dini TK Muslimat NU Diponegoro 111 Ajibarang Kulon. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 721–735. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32040
Rofi’ah, U. A., & Qayyum, A. A. (2024). Teknik Mozaik sebagai Metode Stimulasi Motorik Halus Anak di RA Yanbu’ul Ulum. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 5(2), 17–22. https://doi.org/10.55719/gcej.v5i2.1477
Rofi’ah, U. A., Sholihah, M., & Muslimin, M. (2025). Loose Parts sebagai Media Kreatif-Interaktif Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 5(1), 41–51.
Sriliza, Rahmadifa, & Dari, U. (2021). Strategi Pembelajaran Berbasis Pjbl, Berbasis (PBL), Pembelajaran Kolaboratif, Belajar Sambil Bermain (PBL). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 134–151. https://jutepe-joln.net/index.php/JURDIKAN/article/view/136/133
Sulaistika, R. (2022). Bermain Clay Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dan Kreativitas Anak Di TK Madani Lubuk Pakam [Uniersitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/17763/2/171804102 - Ria Sulaistika - Fulltext.pdf
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek. In Perkembangan anak. Prenada Media Group.
Trismayanti, E. (2025). Transformasi Pendidikan Di Lembaga Raudlatul Athfal: Strategi Menghadapi Tantangan Zaman Kekinian. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(4), 97–107. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i4.232
Ulya Ainur Rofi’ah, Fahrudi, E., & Muslimin. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama dan Moral Bagi Anak Berspektif Hadist Pada Masa Covid-19 di Indonesia. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 29–39. https://doi.org/10.51675/alzam.v3i2.603
Widyawati, W. (2019). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 16–28. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1299
Zafrullah, Z., Gunawan, R. N., Haidir, H., & Ramadhani, A. M. (2024). Implementasi Penggunaan Kemampuan Computational Thinking Pada Sekolah Anak-Anak: Analisis Bibliometrik (2014-2024). Jurnal Binagogik, 11(2), 201–225.
Zainuddin, Z., Mustafiyanti, M., Zaimuddin, Z., Abidin, Z., & Susanti, A. (2024). Membentuk Karakter Islami Sejak Dini: Inovasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 362–372.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Early Childhood and Character Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.