Peran Orang Tua untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Anak di Era Digital

Authors

  • Ulfah Ulfah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Na'imah Na'imah Program Studi Program Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Lailatu Rohmah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Habibah Afiyanti Putri Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Teni Marlina Maharani Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/joecce.v5i1.26652

Keywords:

anak usia dini; era digital; kompetensi bahasa; literasi keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan kompetensi bahasa anak usia dini di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan aktif orang tua dalam aktivitas literasi digital di rumah berpengaruh terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi, menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua, seperti mendampingi anak saat menggunakan media digital yang edukatif serta membacakan cerita digital, berkontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, baik dari segi kosakata, struktur kalimat, maupun kelancaran berbicara. Selain itu, penggunaan teknologi yang bijak oleh orang tua, termasuk pemilihan konten digital yang sesuai usia dan interaksi verbal selama aktivitas digital, terbukti turut mendorong perkembangan kemampuan komunikasi anak secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afianti, Dita. 2024. “Literatur Review: Keterlibatan Orang Tua Dalam Penggunaan Teknologi Digital Untuk Pendidikan Anak.” Ludi Litterarri 1(1):1–10. doi: 10.62872/r06fdy96.

Asmawati, Luluk. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):82–96. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1170.

Azizah, Ellisia, Dwi Cahyo Setyono, Salamah Churiyatul Jannah, and Hidayatu Munawaroh. 2024. “Pengaruh Teknologi,Gadget Terhadap Perkembangan Anak.” Al- Amin 3(1):62–76.

Dhea Alfira, and Mhd. Fuad Zaini Siregar. 2024. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Komunikasi.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(4):15. doi: 10.47134/paud.v1i4.641.

Etnawati, Susanti. 2022. “Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan 22(2):130–38. doi: 10.52850/jpn.v22i2.3824.

Krisdiawan, Rio Andriyat, and Nida Amalia Asikin. 2025. “Meningkatkan Kompetensi Orang Tua Dalam Parenting Digital.” Jurnal WIDYA LAKSMI 5(1):196–203. doi: 10.59458/jwl.v5i1.156.

Mardhatillah, Fazkia Alifa, Endang Susilowati, and Atika Zahria Arisanti. 2024. “Penggunaan Gadget Terhadap Speech Delay Pada Balita: Literature Review.” Jurnal Kesehatan Tambusai 5(1):912–923.

Novita, Dina, Amirullah, and Ruslan. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah 1(1):22–30.

Pradita, Erika Lia, Anisa Kumala Dewi, Nisrinda Nasywa Tsuraya, and Muhardila Fauziah. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5(1):1238–48. doi: 10.54373/imeij.v5i1.883.

Rahayu, Puji. 2019. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 2(1):47. doi: 10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Sitompul, Baginda. 2022. “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(3):13953–60. doi: 10.31004/jptam.v6i3.4823.

Wahidah, Afifah Fatihakun Ni’mah, and Eva Latipah. 2021. “Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 4(1):43–62. doi: 10.15575/japra.v4i1.10940.

Widgery, David. 1988. “Health Statistics.” Science as Culture 1(4):146–47. doi: 10.1080/09505438809526230.

Widya Astuti, Aurelia, Sayudin Sayudin, and Azka Muharam. 2023. “Perkembangan Bisnis Di Era Digital.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2(9):2787–92. doi: 10.58344/jmi.v2i9.554.

Wulandari, Rizky, Santoso Santoso, and Sekar Dwi Ardianti. 2021. “Tantangan Digitalisasi Pendidikan Bagi Orang Tua Dan Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Desa Bendanpete.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(6):3839–51. doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1312.

Yuniarni, Desni, Halida Halida, Annisa Amalia, Novia Solichah, and Pratista Arya Satwika. 2023. “Pengembangan Buku Saku: Pendampingan Orang Tua Untuk Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Era Digital.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(5):5767–78. doi: 10.31004/obsesi.v7i5.5306.

Yuswati, Hanifa, and Farida Agus Setiawati. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):5029–40. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2908.

Downloads

Published

2025-07-21

Issue

Section

Articles