Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membangun Karakter Kebhinekaan Global pada Anak Usia Dini
Keywords:
anak usia dini, kebhinekaan global, projek penguatan profil pelajar pancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter kebhinekaan global pada anak melalui pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Tapen 2 Magetan telah dilaksanakan dengan dua tema, yaitu Aku Cinta Indonesia dan Aku Sayang Bumi. Setiap tema dilaksanakan melalui tahap permulaan, pengembangan, dan penyimpulan. Pada tema yang dilaksanakan tersebut, anak dapat menghargai budaya yang berbeda di sekitarnya dan berusaha memahami perannya di lingkungan sekolah, meskipun belum tepat atau masih memerlukan satu kali bantuan dari guru. Dengan demikian, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat menstimulasi anak untuk memiliki karakter kebhinekaan global.
Downloads
References
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., & Dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2023). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. TSAQOFAH, 4(2), 576–586. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2325
Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziyah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2019). Modul Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berorientasi HOTS. Jakarta: SEAMEO QITEP in Language.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Markhamah, & Narimo, S. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Mustofa, Z., Mukminin, A., Putri, L. F., Rosita, L., Azhari, L., & Septiani, L. R. (2024). Penggunaan Metode Project Based Learning untuk Mengasah Keterampilan Writing dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. El Robih: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 91–104. Retrieved from https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/elrobikh/article/view/1077
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Media Sahabat Cendekia.
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., … Widyastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Subagja, A., & Reni, A. (2022). Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global (1st ed.). Jakarta: Pusat Penguatan Karakter, Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Suprayitno, & Maman, F. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran (Pertama). Jakarta: Kencana.
Suyadi. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains (Keempat). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Wahyuni, Y., Barella, Y., Wiyono, H., Karolina, V., & Aminuyati, A. (2024). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Kelas VII SMPN 3 Sungai Raya. Strategi Navigasi Pendidikan Inklusif Untuk Meningkatkan SDM Yang Berkulitas Dan Berdaya Saing Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2024, 76–91.
Yunus, M. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Jakarta: Orbit Publishing.
Zuchron, D. (2021). Tuntas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar; Direktorat Jenderal PAUD; Dikdas dan Dikmen; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Early Childhood and Character Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.