Dampak Pemanfaatan Tayangan Youtube & Pengenalan Youtube Kids Pada Pengembangan Nilai Moral Anak

Authors

  • Nur Annisa Lasaip Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia, Indonesia
  • Shofiyanti Nur Zuama Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia, Indonesia
  • Mohamad Akbar Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia, Indonesia
  • Yusdin Bin Mahmudin Gagaramusu Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia, Indonesia

Keywords:

anak usia dini, nilai moral; , youtube, youtube kids

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemanfaatan tayangan youtube & pengenalan youtube kids pada pengembangan nilai moral anak di kelompok B RA Al Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatuf deskriptif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 15 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki, dan 9 anak perempuan pada semester ganjil tahun 2024/2025. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan mendeskripsikan. Berdasarkan hasil pengamatan pengembangan nilai moral terlihat pada perubahan nilai moral anak dalam aspek kejujuran, sopan santun, dan tanggung jawab. Sebagian besar anak berada pada kategori BSH. Hal ini menunjukkan bahwa tayangan YouTube memiliki dampak yang beragam terhadap nilai moral anak Dengan hal tersebut pengembangan nilai moral anak terlihat dengan jelas, dari ketiga aspek yang diamati peneliti, menunjukkan hasil bahwa pemanfaatan YouTube dan YouTube Kids dapat mengembangkan nilai moral anak di kelompok B RA Al Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifatur, R. (2023). Pemanfaatan Media YouTube untuk Pembelajaran Mendongeng Era Digital. ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id

Ansori, & Yoyo, Z. (2022). Kejujuran sebagai Nilai Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Anni S. F., Ratih K., dan Ratu A. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi YouTube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. jurnal "Raudhah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Aziz, T. (2023). Pemberdayaan Media YouTube "Nussa Official" Sebagai Sarana Pengembangan Nilai Moral dan Agama Pada Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 111–127. researchgate.net

Chairisyah, D. (2017). Perilaku Jujur dalam Kehidupan Sehari-hari. Yogyakarta: Media Ilmu.

Fidya, M. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Penanaman Nilai Agama Moral Anak Kelas B1 di TK Izzul Islam Wani. Universitas Tadulako

Hariandi, Ad. Y. K. terhadap P. N. M. A. dan P. D. yang A., Sari, D., & Putra, M. (2022). Dampak YouTube Kids terhadap Pengembangan Nilai Moral Anak dan Pengasuhan Digital yang Aman. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(3), 120–134.

Hayati, N., Nurhayati, S., & Awalunisah, S. (2023). YouTube sebagai Sumber Belajar Audio Visual untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak. Jurnal INTISABI, 2(2), 17–25.

Jais. (2022). Nilai Kejujuran sebagai Inti Kehidupan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Cerdas Mandiri.

Marsen, F., & Wulandari, S. (2023). Pentingnya Pengawasan Orang Tua dalam Penggunaan YouTube Kids untuk Mendukung Perkembangan Anak. Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 9(1), 33–44.

Mashar. (2015). Perkembangan Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini. Dalam Jurnal of Early Childhood and Character Education, 3(2).

Melati. (2012). Pendidikan Karakter: Penerapan Sikap Sopan Santun pada Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Nihwan, N., & Mudianti, H. (2023). Analisis Dampak Tayangan YouTube Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(1), 1–7.

Noyana, D. (2022). Risiko konten negatif di platform video digital dan pengaruhnya terhadap anak-anak. Jurnal Media Dan Komunikasi, 8(1), 33–42.

Nunzairina, N., Rangkuti, H., & Skd, S. H. (2023). Pemanfaatan Media YouTube dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Al Kahiriyah Delitua. Jurnal Pendidikan, 7(3), 45–56.

Oktaviani, S. (2022). Analisis penyaringan konten video di YouTube untuk perlindungan anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(3), 120–130.

Siregar, S. (2013). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Siti, S. A. L. (2022). Penggunaan Media Digital Youtube Dalam Penanaman Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Tk Negeri Kombutokan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sutarti, T., & Astuti, W. (2021). Dampak Media YouTube dalam Proses Pembelajaran dan Pengembangan Kreativitas bagi Kaum Milenial. Jurnal Widya Aksara, 26(1), 89-96.

Wiryany, A., & Pratami, L. (2019). YouTube sebagai media ekspresi dan tantangan penyaringan konten. Jurnal Komunikasi Digital, 5(4), 75–85.

Downloads

Published

2025-07-21

Issue

Section

Articles